Banjari, Salah Satu Trend Kesenian Musik Terbaru di Madura

Advertisement

Ads

Banjari, Salah Satu Trend Kesenian Musik Terbaru di Madura

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 16 Desember 2017

Musik merupakan salah satu seni yang tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan manapun. Musik menjadi salah satu wujud dari kecintaan manusia terhadap keindahan bunyi. Di era modern, musik menjadi salah satu trend hiburan. Meski di beberapa tempat dan budaya bahkan agama, musik menjadi salah satu sarana pelengkap ritual kepercayaan atau keagamaan.

Tak terkecuali di Madura, musik menjadi salah satu jenis kesenian yang menjadi sarana hiburan. Kesenian musik di Madura juga cukup beragam. Seperti saronen, hadrah, musik ul-daul, gambus dan Terbhang. Yang terbaru dan sedang trend di kalangan masyarakat Madura saat ini adalah musik Al-Banjari.

Group musik Al-Banjari merupakan hasil perpaduan antara musik terbhang, hadrah serta gambus. Peralatan musik yang dimainkan lebih beragam dibandingkan terbhang, tetapi juga tidak selengkap gambus. Sedangkan cara menampilkan memodifikasi group musik hadrah; dimana para pemain musik dituntut untuk bisa menampilkan suara dan gerak sederhana sekaligus.

Lagu-lagu yang dilantunkan dalam group musik Al-Banjari biasanya lagu shalawat, dzikir serta nasyid Islami. Ada seorang atau dua orang yang fokus menjadi vokalis, sedangkan yang lain menjadi backsound sekaligus pemain alat musik. Ada sebagian group Al-Banjari yang dilengkapi dengan penari latar yang tentu penari ini harus laki-laki. Ada group Al-Banjari gabungan antara laki-laki dan perempuan, ada yang khusus perempuan, dan ada yang hanya laki-laki.

Pada bulan Rabi’ul Awal atau bulan Maulid Nabi, group musik Al-Banjari biasanya ramai orang yang mengundang. Dalam acara maulid, haflatul imtihan, atau acara-acara lain, group Al-Banjari bertugas mengisi lagu hiburan sebelum acara dimulai. Menjadi pemimpin pembacaan shalawat pada manual acara. Serta memberikan hiburan kembali pada saat selesai acara.

Ciri yang paling khas dari group Al-Banjari ialah terdapat seragam khusus yang berbeda tiap group. Vokalisnya memiliki kemampuan mengolah suara yang sangat baik. Biasanya sanga vokalis merupakan seorang qori’ sekaligus. Sehingga ketika bershalawat atau bernyanyi, sangat terdengar ciri khasnya sebagai seorang qori’.

Nah, Anda tertarik mengundang salah satu group Al-Banjari untuk mengisi acara Anda? Sudah banyak sekali group Al-Banjari di Pamekasan khususnya. Hampir setiap pesantren biasanya memiliki group Al-banjari. Juga beberapa remaja masjid yang aktif, madrasah dan sekolah-sekolah. Karena saat ini group musik Al-Banjari menjadi salah satu kegiatan ekstra di sekolah, madrasah dan pesantren. Meski ada juga group Al-banjari yang dibentuk dari hasil perkumpulan masyarakat tertentu.