Bukit Brukoh yang Menawan di Pamekasan Madura

Advertisement

Ads

Bukit Brukoh yang Menawan di Pamekasan Madura

Senin, 30 Oktober 2017

Untuk kalangan masyarakat Pamekasan, nama Brukoh rasanya sudah tidak asing lagi. Pasalnya Bukit Brukoh kini menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kab. Pamekasan. Banyak wisatawan asli Pamekasan yang datang, maupun wisatawan dari luar Pamekasan.


Terletak di Desa Bajang Kec. Pakong Kab. Pamekasan, lokasi wisata ini mengundang perhatian kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Pamekasan. Pada awalnya, lokasi wisata Bukit Brukoh hanya merupakan lokasi tower TVRI. Namun karena sejak dulu sudah banyak masyarakat sekitar yg suka berkunjung, Pemdes Bajang pun melakukan pengelolaan di beberapa titik.

Salah satu daya tarik dari lokasi wisata Bukit Brukoh ialah banyaknya titik lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk spot foto. Banyak tulisan hingga lokasi menarik yang membuat Bukit Brukoh nampak tertata. Salah satunya adalah tulisan Bukit Brukoh besar yang terpampang di area tebing pinggir jalan pada pintu masuk. Banyak juga kalimat-kalimat positif yang dipampang sebagai hiasan. Contohnya himbauan buang sampah pada tempatnya yang dibuat semenarik mungkin.


Ada tempat duduk di berbagai titik bagi pengunjung yang ingin duduk santai. Pengunjung dapat menikmati alam, berfoto atau bahkan nongkrong bersama teman-teman, keluarga dan pasangan. Lokasi wisata Bukit Brukoh memang masih lebih banyak dikunjungi masyarakat sekitar Madura. Pengunjungnya pun didominasi oleh kalangan anak muda.

Sebelum masuk area bukit, Anda akan disambut oleh beberapa penjual makanan dan minuman yang terdiri dari masyarakat sekitar. Setelah membayar parkir yang hanya sebesar Rp. 5.000 di hari-hari biasa, pengunjung sudah bisa masuk ke lokasi bukit. Tempat parkir juga cukup luas dan terbilang aman. Karena dijaga langsung oleh masyarakat sekitar.

Pihak Kepala Desa Bajang memang mengoptimalkan kemampuan masyarakat setempat untuk mengelola lokasi wisata. Untuk tiba di lokasi, pada pertigaan jalan Pakong, Anda cukup mengambil jalan lurus ke arah timur hingga bertemu papan petunjuk lokasi wisata Bukit Brukoh. Setelah itu belok kanan ke Selatan mengikuti arah jalan. Dengan harga murah Anda sudah mendapat suasana baru berupa alam perbukitan.