Jadwal Karapan Sapi Madura Terbaru 2018

Advertisement

Ads

Jadwal Karapan Sapi Madura Terbaru 2018

SAKERA MEDIA
Selasa, 19 September 2017

eMadura.com - Pulau Madura dikenal dunia internasional salah satunya oleh ajang karapan sapi. Karapan sapi bukan sekadar tontonan hiburan namun telah lama menjadi bagian tradisi yang mengakar di masyarakatnya.

Sampai hari ini, perlombaan karapan sapi 2018 juga ditunggu-tunggu para peminatnya. Para wisatawan yang berdatangan dari dalam dan luar negeri berbaur bersama penduduk setempat.

Perbedaan Jenis Karapan Sapi
Yang masih banyak kurang diketahui mengenai karapan sapi ialah perbedaan jenisnya. Dalam setiap jadwal yang diselenggarakan, ajang pacuan ini nampak sama.

Namun sebetulnya ada beberapa jenis karapan sapi Madura berdasarkan tingkat penyelenggaraan. Berikut ini merupakan beberapa jenis klasifiksi karapan sapi Madura.

Pertama, Kerap Keni atau Karapan Kecil. Inilah tingkat penyelenggaraan yang paling kecil. Diadakan pada tingkat kewedanaan atau kecamatan. Yang mengikuti ajang pacuan ini hanyalah para peserta dari wilayah tersebut. Jarak tempuhnya pun paling pendek yaitu 110 meter.

Klasifikasi penyelenggaraan ini juga dilihat dari tingkat kemampuan. Sehingga yang mengikutinya pun sapi-sapi yang masih muda dan disiapkan untuk mengikuti perlombaan tingkat lebih tinggi. Prioritasnya ialah kecepatan dan kestabilan laju lurus sapi yang dipacu.

Kedua, Kerap Rajha atau Karapan Besar. Diselenggarakan untuk tingkat kabupaten. Luas pacuan sepanjang 120 meter dan diikuti oleh para peserta yang sudah lolos di ajang Kerap Keni.

Ketiga, Kerap Onjhangan atau Kerap Undangan. Diselenggarakan berdasarkan even atau perayaan tertentu. Para pesertanya adalah yang diundang dari wilayah kabupaten dan sekitarnya.

Keempat, Kerap Karesidenan. Para juara dari Kerap di semua kabupaten di Madura adalah peserta karapan ini. Biasanya diselenggarakan pada hari Minggu di Pamekasan. Jadwal pacuan ini adalah puncak dari seluruh putaran musim kerapan yang diselenggarakan.

Kelima, Kerap Jhar-jharan. Jenis karapan yang jadwal penyelenggaraannya sangat fleksibel. Sesuai keinginan pemilik sapi yang hanya diikuti oleh para peserta dari wilayah itu sendiri.

Pacuan karapan sapi di Madura telah lama mengisi rangkaian acara yang berkaitan dengan kebudayaan setempat. Berhubung akar tradisi dan sejarahnya yang sangat kuat, penyelenggaraan karapan sapi bisa dibilang nyaris menjadi bagian keseharian masyarakat.

Menyaksikan ajang pacuan sapi dari beberapa wilayah merupakan kebiasaan yang ibaratnya mirip dengan para suporter klub bola di Inggris.

Semakin meluasnya perkembangan informasi di zaman sekarang juga berpengaruh besar pada perlombaan karapan sapi.

Para peminatnya dari luar Madura dapat dengan mudahnya memantau jadwal karapan sapi dan menghadirinya sesuai tanggal dan lokasi.

Di tahun ini, rangkaian jadwal karapan sapi Madura semakin gencar dan seru untuk diikuti. Karena melibatkan para peserta berpengalaman dengan sapi-sapi terkuat dan tercepat di lintasan.

Mengenai jadwal karapan sapi madura 2018 sudah bisa diakses online oleh siapa saja yang ingin menontonnya.

Berikut jadwal Karapan Sapi 2018
Gambar jadwal karapan sapi 2018
Jadwal Karapan Sapi Madura 2018