Alasan Keunikan Kampung Pasir Di Sumenep Madura

Advertisement

Ads

Alasan Keunikan Kampung Pasir Di Sumenep Madura

Aminullah
Jumat, 03 Februari 2017

eMadura.com  Kampung Pasir di Sumenep Madura terkenal dengan beberapa kebiasaan unik yang dimilikinya, Kebiasaan tersebut bahkan dinyatakan sebagai adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun dari zaman dulu hingga saat ini. 

Bagi anda yang belum mengenal kampung tersebut mungkin akan bertanya kebiasaan unik apa yang dimiliki oleh kampung ini? Jawabannya berkaitan dengan waktu istirahat yang anda miliki. 


Jika masyarakat umum melakukan aktivitas istirahat seperti halnya tidur di atas kasur, kemudian bercengkrama bersama keluarga di atas kursi, maka beda halnya dengan masyarakat kampung tersebut yang justru menggunakan pasir sebagai media dari berbagai macam aktivitas hariannya, khususnya tidur. 

Kebiasaan tidur yang dilakukan di atas pasir ini memberikan kenikmatan tersendiri bagi masyarakat kampung pasir, namun jika anda bertanya mengenai apa alasan dari masyarakat kampung pasir untuk melakukan hal tersebut? Maka sebaiknya anda perhatikan penjelasan di bagian bawah ini :


1. Wilayah di kabupaten Sumenep di Madura ini memang dikenal sebagai kawasan pesisir, yang tentunya menjadikan laut di sekitar kawasan tersebut sebagai tambatan atau pun pengharapan kehidupan masyarakat di sekitarnya. 

Dengan kata lain, masyarakat dapat bertahan hidup dengan mencari penghasilan dari laut. Karena itulah laut pun menjadi bagian utama untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat yang dimilikinya.

2. Tinggal di kawasan pesisir dan juga bekerja di sekitar laut, maka keberangkatan dan kepulangan usaha pun tentunya tidak lepas dari hamparan pasir yang luas. Itulah sebabnya banyak yang mengatakan bahwa setiap harinya kehidupan masyarakat di daerah tersebut selalu dihadapkan dengan pesisir pasir. 

Bahkan pasir-pasir itu pun tidak hanya berada di sekitar pantai saja, melainkan menyebar hingga ke perkampungan dan juga sampai ke halaman rumah warga

3. Alasan selanjutnya adalah hamparan pasir yang dapat mereka nikmati setiap saatnya, baik itu pagi, siang atau pun sore. Ketika memasuki waktu siang hari dengan kondisi matahari yang terik, pasir dapat digunakan sebagai penyejuk tubuh, sedangkan pada waktu malam hari, pasir justru dapat memberikan kehangatan bagi para penggunanya. Tidak heran jika pada akhirnya pasir ini dianggap dapat membantu mengatur suhu tubuh yang anda miliki.

4. Tingkat ketergantuangan masyarakat yang cukup tinggi pada tempat tidur kasur ini menjadikan setiap rumah warga selalu disertai dengan sepetak dari bidang kasur atau bahkan tempat untuk bercengkrama yang dibuat dari bahan pasir dengan ukuran 3 hingga 4 meter persegi.

5. Keunikan lain yang juga menajdi fokus utama dari kampung yang satu ini adalah kebiasaan para penduduk wanita, khususnya para ibu hamil yang melakukan proses persalinan di atas kasur pasir.

Namun sebelum digunakan dan dibentuk menjadi kasur, pasir dari pesisir Kampung Pasir di Sumenep Madura tersebut disaring terlebih dahulu untuk memidahkan pasir dari setiap barang unik yang dimilikinya, seperti halnya batu, dll.