Pulau Oksigen Gili Iyang Sumenep Madura

Advertisement

Ads

Pulau Oksigen Gili Iyang Sumenep Madura

SAKERA MEDIA
Rabu, 21 Desember 2016

Pulau Oksigen Gili Iyang merupakan sebuah destinasi wisata yang lokasinya tidak begitu jauh dari Gili Labak. Keduanya bahkan sama-sama berada dalam satu wilayah Kabupaten, yaitu Sumenep. Lebih tepatnya berlokasi di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Jaraknya sekitar 28 kilometer dari kawasan Kabupaten Sumenep.

Bagaimana Akses Menuju ke Gili Iyang?

Untuk mengakses Gili Iyang, para wisatawan perlu terlebih dahulu berada di Desa Dungkek. Dari Desa Dungkek tersebut wisatawan harus menyewa perahu di Pelabuhan setempat. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Desa Dungkek menuju ke Gili Iyang. Setelah sampai di Gili Iyang, berbagai jenis aktivitas dapat dilakukan di hampir seluruh penjuru pulau. Wisatawan dapat melakukan trekking maupun menyewa kendaraan roda tiga khas dari masyarakat setempat untuk menyusuri keindahan pulau.

Sama halnya ketika berada di Gili Labak, dapat dikatakan bahwa masyarakat Gili Iyang juga masih belum banyak yang mengerti bahasa Indonesia. Dengan begitu masyarakat setempat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah yang tidak lain adalah bahasa Madura. Oleh karena itu, ketika berkunjung dan Anda belum memahami benar bahasa Madura lebih baik menyewa seorang guide sehingga menjadi lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Jika Anda berkunjung ke Madura, jangan lupa untuk melanjutkan liburan ke Gili Iyang dengan menikmati wisata alam dan pantainya. Mulai dari masuk gua sampai dengan suasana pantai karang yang eksotis.

Mengandung Kadar Oksigen Tinggi, Dipercaya Membuat Wisatawan Awet Muda

Gili Iyang merupakan salah satu destinasi Indonesia yang memiliki keunikan luar biasa. Sangat dipercaya bahwa ketika Anda berkeliling Gili Iyang, maka secara tidak langsung kesehatan akan semakin meningkat dan juga menjadi terlihat lebih awet muda. Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan, namun karana wisata Gili Iyang mengandung kadar oksigen yang sangat tinggi, mencapai 21,5%. Bahkan kadar tersebut juga merupakan yang tertinggi No.2 di dunia. Istimewa bukan? Angka kadar oksigen tersebut juga didapat dari hasil peneltian yang dilakukan Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jawa Timur.

Tidak hanya mengandung kadar oksigen yang sangat tinggi, Gili Iyang juga memiliki kadar polusi rendah. Mengingat jumlah kendaraan yang melintas jumlagnya sangat kecil. Sebenarnya kadar oksigen tinggi di Gili Iyang bukan hanya bersumber dari pepohonan yang sangat rindang, tetapi juga perputaran udara di sekitar area pantai. Pantai yang dipenuhi dengan pohon menjadikan suasananya terasa sangat sejuk dan juga bebas dari panasnya terik matahari. Dimana pemandangan indah pasir putih dan batu karang pada sepanjang pantainya menjadi semakin menawan untuk dinikmati selama Anda berada di Gili Iyang.

Hal yang tidak kalah unik dari Gili Iyang adalah adanya tumpukan tulang ikan Paus yang secara sengaja dipajang oleh masyarakat setempat. Bukan tanpa alasan, masyarakat memajang tulang-tulang tersebut dengan tujuan agar wisatawan mengetahui bahwa Gili Iyang sempat disinggahi ikan Paus.

Trekking, wisata pantai, alam bawah laut, belum lengkap rasanya menyambangi Gili Iyang tanpa singgah ke beberapa Goa yang ada. Terdapat setidaknya 17 Goa di Gili Iyang, seperti salah satunya yakni Goa Air. Berlokasi dekat dengan pantai, uniknya Goa Air justru dipenuhi dengan air tawar dan bukan air laut. Goa Air juga memiliki kedalaman mencapai 150 meter.

Siap untuk menghabiskan liburan di Pulau Oksigen Gili Iyang dengan berbagai keunikannya yang tidak biasa?