Paccak, Nama Sandal Kayu di Madura

Advertisement

Ads

Paccak, Nama Sandal Kayu di Madura

SAKERA MEDIA
Kamis, 29 Desember 2016


Paccak adalah sandal yang terbuat dari kayu yang biasa dipakai oleh kiai,ustad dan anak pondok (santri) di Madura. Namun ada juga masyarakat yang memakainya sehari-hari untuk sandal pasoccean/yang suci (agar terhindar dari najis ketika hendak shalat masuk mushalla didalam rumah menuju sajadah).

Selain itu, sandal jadul ini memiliki fungsi lebih aman dari najis karena dibuat dengan bentuk agak tinggi, fungsi lain dari paccak yaitu disebut untuk mencegah rematik atau mengatasi penyakit rematik.

Namun, tidak semua paccak dibuat dengan tapakan menonjol untuk sandal refleksi saja. Ada juga paccak yang tapakannya rata alias datar. Jadi saat memakainya tidak berasa diatas kerikil.


Paccak umumnya menggunakan pengikat kaki yang terbaut dari ban bekas atau dengan tali yang dimasukkan kedalam selang kecil. Nah, agar lebih menarik ada juga paccak yang diberi warna atau motif daun atau bunga.

Saat menggunakan paccak ini, pastinya ketika berjalan akan mengeluarkan bunyi kletak-kletok,ya maklum kan terbuat dari kayu. Jadi ketika digunakan diatas lantai maka akan mengeluarkan bunyi yang agak nyaring, apalagi dibawa lari, bising abis dah.