Bukit Pelalangan Bangkalan, Arizona di Arosbaya

Advertisement

Ads

Bukit Pelalangan Bangkalan, Arizona di Arosbaya

Aminullah
Rabu, 21 Desember 2016

Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Pelalangan Bangkalan merupakan bekas area penambangan batu kapur yang sudah lama ada. Bahkan hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur di beberapa lokasinya. Berawal dari kebiasaan warga setempat untuk menambang batu kapur sebagai bahan bangunan. Lama-lama sisa dari pahatan tersebut kemudian membentuk relief dengan penampakkan sangat menawan.

Bukan hanya itu, Bukit Pelalangan juga berbeda dengan bukit kapur umumnya yang berwarna putih, dimana bukit satu ini berwarna coklat keemasan. Meskipun bukit kapur yang terletak di Arosbaya tersebut termasuk sebagai bukit penambangan bau kapur, hawa yang ada di sekitarnya cenderung cukup sejuk. Pasalnya ada begitu banyak pepohonan rindang dan tumbuhan paku yang tumbuh di hampir semua lokasi Bukit Pelalangan. Tidak heran jika banyak yang menjulukinya sebagai Arizonanya Arosbaya.

Dimana Lokasi Bukit Pelalangan Bangkalan?
Berlokasi di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bukit Pelalangan cukup mudah diakses dari kawasan Kota Bangkalan. Bukit Pelalangan dapat ditemukan dengan mudah setelah Anda berada di area wisata Pesarean Aermata yang terletak di Kecamatan Arosbaya. Saat berada di lokasi gerbang pesarean, akses jalan menuju Bukit Pelalangan berada di sebelah kanan yang terlihat jelas dari gerbang tersebut.

Masuk ke jalan kecil yang hanya dapat dilalui oleh satu mobil, jalan tersebut akan membawa wisatawan terus berjalan melalui rumah-rumah warga hingga sampai ke semak-semak yang di depannya terdapat sebuah petunjuk menuju “wisata bukit”.

Tidak hanya mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, namun destinasi wisata Bukit Pelalangan juga mudah diakses menggunakan kendaraan umum. Adapun kendaran umum yang dapat digunakan adalah L 300 Pelabuhan Kamal – Kecamatan Arosbaya dengan biaya Rp 15.000. Dari Kecamatan Aarosbaya (pertigaan lampu merah), perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum ke Pesaeran Rato Ebu. Kendaraan umum yang digunakan juga masih tetap sama meskipun perjalanan Anda ditempuh dari rute Jembatan Suramadu.

Sampai di area wisata Bukit Pelalangan, Anda diharuskan untuk membayar tarif parkir kendaraan pribadi yakni Rp 2.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk motor. Sedangkan untuk tarif masuk wisata hingga saat ini masih belum dikenakan untuk wisatawan yang berkunjung. Bukit Pelalangan Bangkalan cukup sering dikunjungi oleh pasangan yang akan melakukan prewedding.

Tips Penting Saat Berkunjung ke Bukit Pelalangan
Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika berkunjung ke Bukit Pelalangan. Adapun hal penting yang harus Anda perhatikan antara lain adalah:

  • Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Pelalangan adalah pagi hingga sore, karena waktu tersebut matahari masih bersinar terang dan membantu memudahkan Anda menyusuri seluruh area bukit. Bukan hanya itu, relief bukit kapur yang terkena paparan sinar matahari akan terlihat memiliki tekstur 3D sekaligus bekilauan dengan warna coklat kemerahan.
  • Harap barhati-hati ketika menyusuri satu persatu lorong yang ada di Bukit Pelalangan. Beberapa memiliki pintu yang cenderung tidak cukup besar dengan bagian dalam menyerupai gua tanpa penerangan yang cukup. Selain itu, jalan yang ada antar lorong beberapa cukup curam sehingga membutuhkan kewaspadaan tinggi ketika melewatinya.
  • Bukit Pelalangan sangat luas sehingga saat menyusurinya usahakan Anda mengingat benar jalan untuk kembali ke tempat parkir agar tidak tersesat dan berputar-putar di lorong bukit kapur.

Demikian perkenalan singkat mengenai Bukit Pelalangan Bangkalan, jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk berfoto-foto dengan latar belakang relief tambang batu kapur dari destinasi wisata tersebut.