4 Manfaat Lendir Bekicot

Advertisement

Ads

4 Manfaat Lendir Bekicot

SAKERA MEDIA
Sabtu, 05 November 2016

Bekicot Darat
Bekicot ada 2 macam, yaitu ada bekicot darat dan bekicot air. Kali ini akan membahas sekilas Bekicot darat dan manfaat lendirnya. 

Congcong bahasa Madura dari hewan darat yang satu ini, Congcong hidup dan berkeliaran ketika malam hari. Siang hari biasa si congcong tidur di pohon khususnya pohon pisang atau ditempat-tempat yang lembab, misalkan dibawah daun pisang atau dibawah limbah kelapa/cangkelongan.

Makanya tak jarang ketika malam hari, seringkali kita menemukan sang pencari congcong di Madura pun juga beraksi ketika malam hari tiba.

Bekicot termasuk golongan hewan ovipar, yaitu hewan yang bertelur.
Gambar Telur Bekicot
Telur Bekicot darat
Bekicot mempunyai manfaat yang cukup baik bagi manusia. Bekicot dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan juga membantu dalam perawatan kecantikan.

Habitat bekicot darat umumnya yaitu tempat-tempat basah. Seperti pada musim penghujan, hewan ini banyak ditemukan pada pohon pisang yang merupakan salah satu makanan bagi bekicot tersebut. Bagi masyarakat Madura, biasanya bekicot ini dijadikan makanan bebek agar cepat bertelur.

Kandungan gizi yang terdapat dalam bekicot darat yaitu : Vitamin B, Lemak, Asam Amino, Protein, Kalsium, Fosfor, Dan Kompleks.

Inilah 4 Manfaat Lendir Bekicot :
  1. Menyembuhkan sakit gigi dengan menggunakan lendir bekicot.
  2. Mengurangi radang (pembengkakan) pada selaput mata.
  3. Mengurangi garis halus dan mencegah penuaan dini.
  4. Lendir bekicot bisa digunakan untuk mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.
Cara penggunaan pada sakit gigi :
Siapkan lendir dari bekicot secukupnya setelah bekicot dicuci bersih, kemudian teteskan pada kapas dan sumbatkan pada gigi yang sakit. Biasanya sakit gigi karena gigi berlubang sehingga bisa juga menyumbatkan kapas pada lubang gigi tersebut.

Cara penggunaan pada Luka :
Ambil 1 ekor bekicot kemudian cuci dengan air bersih. Ambil lendirnya dan oleskan lendir tersebut pada luka (luka sayatan yang masih baru). Biarkan hinga kering.