Suka Galau Tidak Jelas? Atasi Dengan 5 Hal Ini

Advertisement

Ads

Suka Galau Tidak Jelas? Atasi Dengan 5 Hal Ini

Senin, 06 Juni 2016

Tidak ada orang yang bisa benar-benar menghindari dari kebingungan. Bahasa terkininya ialah galau. Galau identik dengan perasaan. Sehingga bisa diartikan, galau merupakan kebingungan yang melanda perasaan. Bukan sekadar bingung pikiran. Kebingungan yang melanda hati membuat orang enggan melakukan apapun. Tenaga dan pikirannya terpusat pada suasana hati yang sedang kacau.

Bahkan ada orang yang mengalami kegalauan, namun tanpa tahu penyebabnya. Dalam keadaan santai, aman, tenang dan bahagia, tiba-tiba saja mengalami perasaan galau. Namun penulis rasa, tidak ada galau yang tanpa sebab. Pasti ada penyebabnya. Hanya saja, orang yang merasa galau tidak menyadari penyebabnya. Cara mengatasi galau yang datang tidak jelas, bisa dengan 5 cara berikut:

Cari Tahu Penyebabnya, Lalu Atasi
Tidak ada galau yang benar-benar tidak jelas. Semua pasti berdasarkan pada hukum sebab-akibat. Misalnya saat kita merasa lelah akibat rutinitas yang baru. Secara kasat mata, itu merupakan sesuatu yang biasa. Namun itu bisa menjadi penyebab kegalauan. Akibat kelelahan, kita bisa mengalami kebingungan; mau bertahan dengan rutinitas tersebut atau tidak. Apalagi jika hati kita tidak menyukai rutinitas baru di atas Intinya, galau tidak selalu berkaitan dengan masalah asmara atau konflik dengan orang lain. Konflik di internal diri kita bisa menjadi salah satu penyebab galau. Jika sudah tahu penyebabnya, segera atasi dengan membersihkan hati melalui pemikiran yang jernih. Lalu diikuti dengan tindakan nyata.

Letakkan Segala Beban Hidup
Berhentilah meletakkan semua beban hidup di atas kepala. Kadang orang mengalami kegalauan hanya karena terus-menerus memikirkan beban atau tanggung jawab hidup yang seakan kian berat. Jelas semakin berat. Karena tanggung jawab menjadi beban yang selalu dipikirkan. Tidak kunjung melakukan tindakan. Caranya, berhenti memikirkan beban hidup. Lakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Hindari Stres
Gejala stres tidak selalu bisa kita rasakan. Oleh karena itu, berhati-hatilah bila pikiran kita mulai dikuasai satu atau dua hal dalam hidup. Itu dapat menyebabkan stres yang berakibat pada kegalauan. Kegalauan yang datang karena stres sering tidak terasa dan tidak diketahui penyebabnya.

Hidup Ini Sebentar. Nikmati!
Ada kalanya kita harus meletakkan tanggung jawab atau rutinitas sehari-hari. Lalu melakukan hal-hal yang bisa membuat kita menikmati hidup. Misalnya melakukan hobi yang sudah lama ditinggalkan. Atau pergi jalan-jalan ke tempat wisata yang belum pernah kita kunjungi. Ingat, hidup ini sebentar. Kita memang harus berjuang semaksimal mungkin. Namun juga tidak boleh lupa untuk menghibur diri. Apalagi jika cara kita menghibur diri masih bisa disebut positif.

Cari Ketenangan
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk lepas dari kegalauan. Diantaranya dengan mencari ketenangan. Mencari ketenangan bisa kita lakukan dengan shalat dan mendekatkan diri kepada Tuhan, bagi umat muslim. Atau dengan menyendiri, bertafakkur, memikirkan setiap detik kehidupan yang sudah kita lalui. Dibandingkan kita terus-menerus memikirkan persoalan-persoalan hidup yang tak pernah ada kata habis.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com