Makna Pribahasa Akanta Bhelling Kaojhânan

Advertisement

Ads

Makna Pribahasa Akanta Bhelling Kaojhânan

Unzilatur Rahmah
Senin, 06 Juni 2016

Salah satu kekayaan Bahasa Madura ialah banyaknya pribahasa di dalamnya. Parébâsân, dalam Bahasa Madura, merupakan salah satu kekayaan tersendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat Madura asli yang asing dengan pribahasa-pribahasa Bahasa Madura. Masyarakat masih bertanya artinya ketika mendengar satu pribahasa. Padahal pribahasa tersebut sudah umum digunakan dalam masyarakat.

Salah satu pribahasa Bahasa Madura yang sering kita dengar ialah pribahasa Akanta Bhelling Kaojhânan. Pribahasa ini sering kita dengar ketika orang tua memarahi atau menasihati anaknya. Dalam Bahasa Indonesia, arti pribahasa Akanta Bhelling Kaojhânan ialah ‘Seperti Beling Kehujanan’. Pribahasa ini ditujukan kepada seseorang yang tidak bisa dinasihati untuk kebaikan.

Orang yang tidak mempan atau tidak menghiraukan nasihat diibaratkan dengan beling. Beling merupakan pecahan sejenis bahan kaca. Bisa berupa pecahan piring, botol, pecahan kaca dan lain-lain. Beling disimbolkan sebagai sesuatu yang rusak dan bisa menyakiti siapapun yang tertusuk beling. Sifat utama beling ialah tidak bisa berubah bentuk karena tetesan air. Meskipun itu air hujan.

Beling yang rusak dan bisa menyakiti merupakan simbol dari tingkah laku seseorang yang bandel. Tingkah laku yang melanggar aturan-aturan yang sudah mapan. Prilaku yang menyakiti orang lain atau mencederai hukum sosial yang berlaku di masyarakat.

Sedangkan beling yang terkena hujan merupakan simbol dari saking sulitnya orang tersebut dinasihati. Ketika ada orang yang menasihati, ia menentangnya. Atau diam mendengarkan, tapi nasihat orang seakan masuk dari telinga kanan, keluar dari telinga kiri.  Sehingga tidak membawa pengaruh apa-apa baginya. Orang yang sifatnya seperti beling; prilakunya rusak, menyakiti orang lain, namun nasihat tidak membawa pengaruh atau perubahan apa-apa baginya.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com