Hakikat Kegagalan

Advertisement

Ads

Hakikat Kegagalan

Unzilatur Rahmah
Senin, 06 Juni 2016

Gagal itu biasa. Yang tidak biasa ialah ketika kita menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk menghentikan langkah. Gagal sudah menjadi milik kita sebagai manusia yang sarat akan kelemahan. Gagal merupakan suatu keadaan yang tidak perlu disesali. Kegagalan merupakan keadaan yang harus bisa mendorong kita untuk bangkit menuju kesuksesan.

Berbicara soal kegagalan, banyak orang yang melalukan kesalahan dalam memaknainya. Saat usaha seseorang gagal sekali saja, ia telah menyebut dirinya telah mengalami kegagalan. Kesalahan anggapan seperti inilah yang membuat seseorang benar-benar gagal. Demi menghindari kesalahan pemahaman dalam menerjemahkan kegagalan, kita perlu benar-benar mengerti hakikat kegagalan.

Tidak Ada Orang yang Benar-benar Gagal
Tidak ada orang yang benar-benar gagal. Yang ada hanya orang yang tidak mau bangkit dari kegagalan. Orang gagal ialah orang yang ketika berada dalam kondisi di bawah, ia menganggap dirinya benar-benar telah gagal. Artinya, kegagalan berasal dari anggapan terhadap diri sendiri. Anggapan negatif berupa kegagalan jelas membuat seseorang benar-benar gagal.

Gagal Ialah Orang yang Memelihara Sifat-sifat Penyebab Kegagalan
Selain anggapan bahwa dirinya telah gagal, orang gagal ialah orang yang memelihara sikap-sikap penyebab kegagalan. Seperti malas, menganggap sukses itu semudah membalikkan telapak tangan, terlalu bergantung pada orang lain, tidak memiliki tujuan, dan sikap-sikap kegagalan lainnya. Jika ingin sukses, ganti kebiasaan atau sikap orang gagal dengan kebiasaan-kebiasaan sukses.

Kegagalan Hanya Milik Orang Yang Engggan Mencoba Kembali
Gagal hakikatnya ialah ketika kita sudah menyerah dengan keadaan. Kondisi dimana kita tidak mau mencoba kembali apa yang kita lakukan. Selama kita masih mau mencoba dan bangkit dari kegagalan, maka kita belum bisa disebut gagal. Kita bisa disebut sebagai orang yang tengah berjalan menuju kesuksesan.

Penyebab Kegagalan Sebenarnya Karena Tidak Menyadari Kesalahan
Inti dari kegagalan adalah kesalahan dalam cara kita melangkah menuju kesuksesan. Jika kita menyadari kesalahan tersebut dan mencoba memperbaiki di langkah berikutnya, maka kita selangkah lebih maju menuju kesuksesan. Bahkan jika kita terus mencoba dengan senantiasa memperbaiki kesalahan, kita akan mencapai kesuksesan. Sebaliknya, jika kita tidak menyadari kesalahan yang kita lakukan, meski kita mencoba 1000 kali sekalipun, kita akan tetap berputar pada kegagalan. Jadi salah satu kunci untuk keluar dari zona kegagalan, ialah mengevaluasi cara kita melangkah menuju kesuksesan.

Dengan mengerti hakikat kegagalan yang sebenarnya, kita tidak mudah menganggap diri kita sebagai orang gagal. Dengan begitu kita tidak akan pernah terpuruk dalam kondisi kegagalan.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com