Tips Belajar Bahasa Madura dengan Cepat

Advertisement

Ads

Tips Belajar Bahasa Madura dengan Cepat

Unzilatur Rahmah
Senin, 23 Mei 2016

Bahasa Madura memang merupakan bahasa lokal. Bukan bahasa nasional, apalagi internasional. Namun Madura tetap tidak kalah terkenal dibandingkan suku Jawa. Setidaknya terkenal karena sate dan celuritnya. Itulah simbol yang paling melekat dalam pikiran masyarakat di luar Madura.

Padahal tidak sepenuhnya demikian. Berbicara soal bahasa, Madura tetap bersaing dengan suku lain di Indonesia. Bahkan dapat bersaing dengan suku Jawa, suku yang dinilai paling besar di Indonesia. Tak sedikit juga orang yang mau belajar Bahasa Madura. Termasuk para peneliti-peneliti yang berasal dari luar negeri. Ketertarikan mereka untuk mempelajari Budaya dan Bahasa Madura memiliki alasan tersendiri.

Bila Anda masyarakat luar Madura ingin belajar Bahasa Madura, kami punya tips khusus untuk Anda. Tips ini tentu sangat ampuh bagi Anda yang ingin belajar Bahasa Madura dengan cepat.

Jangan Cari Tempat Les
Mencari tempat les untuk belajar Bahasa Madura hanya akan membuat Anda membuang-buang waktu. Kalaupun memaksa percuma juga. Karena tidak ada satupun tempat les atau tempat kursus Bahasa Madura. Sebagaimana sulitnya tempat les Bahasa Inggris di Amerika dan Inggris.

Jangan Cari Kamus Bahasa Madura-Indonesia
Jika Anda berkunjung ke toko buku di Madura dengan niat mencari kamus Madura-Indonesia atau Indonesia-Madura, percuma. Karena sampai artikel ini diposting, belum ada kamus sejenis Indonesia-Inggris yang bisa digunakan untuk mempelajari Bahasa Madura. Kalaupun ada, itu kamus murni Bahasa Madura. Bukan kamus translate.

Cukup Punya Teman Satu atau Dua Orang Madura yang Berasal dari Satu Kabupaten
Bahasa Madura merupakan Bahasa yang super kaya. Selain ada 3 tingkatan bahasa, di tiap kabupaten juga memiliki beberapa perbedaan. Ada 4 kabupaten di Madura, yakni Bangkalan  Sampang, Pamekasan, Sumenep. Maka ada 4 perbedaan kata yang bisa Anda temukan dalam beberapa kata. Sebagai pemula, Anda jangan membuat diri sendiri bingung. Belajarlah pada satu atau dua orang saja. Tentu untuk di awal, cukup mempelajari bahasa dalam satu kabupaten saja.

Mulailah Dari Mendengarkan
Mempelajari bahasa adalah kerja pendengaran dan lisan. Jangan langsung belajar mengucapkan. Cukup dengarkan dulu, pelajari dengan seksama, lalu ikuti dengan ucapan secara perlahan.

Tinggallah di Madura
Agar lebih cepat menguasai Bahasa Madura, tinggallah bersama orang Madura. Cari teman yang asli orang Madura. Atau tinggallah di Madura. Kalau tidak memungkinkan karena tidak punya tempat tinggal, maka menikahlah dengan orang asli Madura. Nah loh!! Kalau perlu, menikahlah dengan orang Madura pedesaan. Karena di desa, penggunaan Bahasa Madura di masyarakat masih sangat kental.

Selamat mencoba tips mempelajari Bahasa Madura dengan cepat ini. Tips ini bukan bermaksud menyesatkan. Melainkan membimbing agar Anda tidak tersesat dalam belajar Bahasa Madura. 

Baca juga : Belajar Bahasa Madura dan Artinya


eMadura.com - Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com