Membasmi Jentik Nyamuk dengan Ikan

Advertisement

Ads

Membasmi Jentik Nyamuk dengan Ikan

Unzilatur Rahmah
Senin, 23 Mei 2016

Kebiasaan memelihara ikan di dalam bak air kamar mandi memang bukan hanya kebiasaan masyarakat Madura. Masyarakat manapun yang menyadari fungsi ikan dalam bak penampungan air tentu akan memanfaatkannya. Terutama dalam bak penampungan yang didesain tanpa tutup. Dimana nyamuk cenderung suka bertelur di dalam air bersih yang kita tampung secara terbuka.


Dalam membasmi jentik nyamuk, sebagian masyarakat perkotaan memilih untuk menggunakan cairan pembersih air kimiawi. Dalam beberapa sisi, memang lebih praktis dan bersih. Namun keamanannya tidak terjamin dibandingkan menggunakan pembersih air alami. Hakikatnya, alam sudah menyediakan berbagai kebutuhan hidup manusia. Tergantung seberapa pandai dan seberapa bijak kita memanfaatkannya.

Ikan merupakan salah satu alat pembersih jentik nyamuk dalam air yang bekerja secara alami. Ikan yang tidak diberi makan di dalam bak air terbuka, secara otomatis akan menjadikan jentik nyamuk sebagai makanannya. Sehingga pemilik kamar mandi tidak perlu menguras atau membersihkan bak penampungan air terlalu sering. Ikannya juga tidak perlu diberi makan karena sudah memakan jentik nyamuk yang ada. Bahkan kalau jenis ikan gabus yang sudah besar, bisa langsung memakan nyamuk yang hinggap di sisi-sisi bak penampungan air.

Jenis ikan yang bisa digunakan untuk membasmi jentik nyamuk, bisa berupa jenis ikan apa saja. Yang penting jenis ikan air tawar. Kecuali jika Anda menggunakan air laut yang asin. Bisa berupa ikan hias, bisa pula berupa ikan gabus. Kalau ikan gabus, kita bisa menangkapnya di sungai sekitar kita. Jika di sekitar Anda tidak ada sungai, atau ada sungai tapi kotor, maka kami anjurkan untuk membeli saja ikannya. Lebih mudah dan praktis, namun tetap alami dan aman.

Di Madura sendiri, hampir di setiap tempat penampungan air terbuka seperti di kamar mandi, besar kemungkinan ada ikannya. Jadi jika Anda numpang ke kamar mandi di rumah orang Madura, Anda tidak perlu kaget dengan ikan-ikan di dalamnya.

Ikan yang bisa Anda taruh di bak mandi pastinya adalah ikan tawar, bisa ikan cupang dan ikan nila yang bisa Anda dapatkan di penjual ikan hias.



eMadura.com - Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com