Hantaran Pernikahan yang Harus Ada Dalam Tradisi Madura

Advertisement

Ads

Hantaran Pernikahan yang Harus Ada Dalam Tradisi Madura

Senin, 23 Mei 2016

Menikah merupakan impian hampir semua orang yang masih sendiri. Dalam Islam, menikah berarti menyempurnakan separuh agama. Dengan menikah hidup menjadi lebih tenang dan terarah. Tujuan hidup menjadi lebih jelas.

Dalam kehidupan sosial, menikah berarti menyatukan banyak hal. Menyatukan dua manusia, dua keluarga besar, dua tradisi, dan menyatukan banyak hal lainnya. Sebagai Bangsa yang multikultural, Indonesia jelas memiliki tradisi pernikahan yang beragam. Beda suku, beda pula tradisinya. Beda tradisi, berbeda juga hantaran dalam pernikahannya.

Di Madura sendiri, ada beberapa jenis hantaran dari pihak pengantin laki-laki ke pihak pengantin perempuan yang harus ada. Jika satu hantaran saja ada yang kurang, ritual tradisi pernikahan seakan kurang lengkap. Berikut ini beberapa jenis hantaran yang harus ada dalam tradisi pernikahan di Madura:
  1. Roti Nama. Roti nama ini sebetulnya sama saja dengan kue ulang tahun. Hanya saja diberi hiasan boneka pasangan pengantin yang terbuat dari lilin. Di atas kue diberi tulisan nama pasangan yang sedang menikah menggunakan butter cream.
  2. Pisang. Pisang merupakan simbol lamaran dalam masyarakat Madura. Pisang pasti harus ada dalam hantaran pernikahan maupun pertunangan.
  3. Baju. Baju ganti untuk mempelai perempuan sekaligus dengan pakaian dalam dihias sedemikian rupa.
  4. Peralatan mandi dan make up. Selain baju, juga harus ada peralatan mandi dan make up.
  5. Buah-buahan. Hantaran buah-buahan lengkap bisa terdiri dari Apel, Anggur, Salak, Manggis, Rambutan serta jenis buah-buahan lain.
  6. Bantal dan Seprei. Dalam tradisi Madura, ada istilah Bhântal tekér (bantal tikar). Terdiri dari 1 atau 2 buah bantal dan satu set seprei.
  7. Beras dan Daging. Beras yang dihantarkan biasanya 1 karung kecil berat 25 Kg. Ditambah daging 1 Kg.
  8. Aneka Kebutuhan Dapur. Hantaran yang juga harus ada ialah aneka kebutuhan dapur. Seperti Gula, Kopi, Minyak Goreng, bumbu, kecap dan kebutuhan dapur yang lain.
  9. Telur Hias.
  10. Paket Hantaran Untuk Orang yang Merias. Biasanya terdiri dari kebutuhan dapur, ditambah dengan 1 buah kelapa.

Namun demikian, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di daerah berbeda meski sama-sama Madura. Di daerah Sumenep misalnya, harus ada perabotan rumah tangga seperti dipan, lemari lengkap dengan isi perabotan di dalamnya.

Selebihnya dari itu, hantaran bisa berupa aneka macam kue dan roti. Jika orang yang ikut dalam acara lamaran cukup banyak, hantaran tidak harus selalu berupa makanan matang. Bisa juga berupa bahan mentah sepetti beras 1 gantang, minyak, tepung atau gula yang dibungkus sedemikian rupa agar menarik.





eMadura.com - Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com