Madura Sedang Musim Garap Sawah Untuk Persiapan Menanam Tembakau

Advertisement

Ads

Madura Sedang Musim Garap Sawah Untuk Persiapan Menanam Tembakau

Kamis, 26 Mei 2016

Bagi masyarakat yang bekerja di luar negeri, mungkin akan rindu dengan suasana di daerah asalnya. Tak terkecuali mereka yang berasal dari Madura. Mereka yang merasa rindu, barangkali juga bertanya-tanya sekarang di Madura sedang musim apa. Apalagi jika mereka tidak memiliki kontak dengan keluarga terdekatnya.

Sekadar info, di Madura sekarang sedang musim menggarap sawah dalam rangka persiapan menyambut musim tanam tembakau. Istilah dalam Bahasa Madura, aghârâp sabâ. Masyarakat seakan berlomba-lomba memacul, atau membajak sawah menggunakan sapi atau traktor. Berangkat pagi pulang siang. Usai istirahat siang, berangkat lagi memacul atau membajak hingga sore hari.

Ada orang yang menggarap sawah dengan menyewa pekerja, traktor atau sapi. Ada yang dikerjakan sendiri dengan sistem kerja bergantian antar tetangga (urunan).  Masyarakat yang mulai menggarap sawah ialah mereka yang berdomisili di daerah Madura bagian tengah ke utara. Karena di daerah utara, musim penghujan lebih awal, begitu pula dengan musim kemarau.


Mereka bekerja keras demi mencapai hasil terbaik. Berharap nanti tembakaunya menghasilkan daun yang bagus. Harga pun petani harapkan sesuai untuk membayar keringat mereka. Sehingga masyarakat bisa memanen uang hasil penjualan daun tembakau dengan puas dan tidak kecewa.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com