Tips Sederhana Melatih Kesabaran

Advertisement

Ads

Tips Sederhana Melatih Kesabaran

Sabtu, 06 Februari 2016

Sabar adalah pilihan. Dan kita bebas memilih untuk bersabar atau mengeluh. Dalam film Bollywood, 3 Idiots yang salah satu pemerannya adalah Salman Khan, sabar diekspresikan dalam kata All Iz Well. Dalam film tersebut, sabar memang tidak akan menyelesaikan masalah. Namun setidaknya, dengan sabar kita memiliki kekuatan untuk bertahan. Hal ini bila dikaitkan dengan musibah.
Persoalan berlatih menjadi orang yang sabar memang tidak mudah. Memerlukan latihan yang dilakukan secara terus-menerus. Namun bukan tidak mungkin. Sebab buah manis yang kita petik tergantung seberapa kuat usaha kita. Nah, berikut ini tips sederhana dalam melatih kesabaran:

Senatiasa Berprasangka Baik
Sikap kita terhadap suatu masalah tergantung dari mindset atau cara berpikir kita. Jika kita senantiasa berpikir positif, kita tidak memiliki alasan untuk tidak bersabar, marah atau mengeluh. Berpikir atau berprasangka positif itu kepada Allah, diri sendiri juga kepada orang lain.

Berpikir positif kepada Allah menganggap bahwa setiap ketentuan-Nya merupakan perkara yang baik untuk kita. Baik ketentuan berupa syariat maupun takdir, serta ketentuan-ketentuan lainnya. Berpikir positif terhadap diri sendiri ialah dengan cara menganggap diri kita sebagai pribadi yang bisa melakukan hal-hal positif. Sedangkan berprangsangka baik pada orang lain, bisa dengan menganggap orang lain tidak memiliki pemikiran buruk tentang diri kita.

Berusaha Untuk Tersenyum Meski Sulit
Dalam menjalankan syariat dan menerima ketentuan dari Allah, kita harus senantiasa bersabar. Salah satu caranya ialah dengan menjalani setiap langkah kehidupan dengan senyum. Tersenyumlah meski dalam keadaan yang tidak memungkinkan sekalipun. Misalnya dalam keadaan marah, sedih termasuk juga bila kita sedang malas mengerjakan perintah Allah. Dengan begitu, kita akan memiliki kekuatan tambahan dari dalam diri. Selain ibadah, senyum juga akan membuat sesuatu yang awalnya terasa sulit menjadi lebih mudah.

Belajar lah Dari Kesulitan
Setiap masalah yang hadir dalam kehidupan kita ataupun orang lain, hakikatnya mengandung hikmah yang bisa kita ambil pembelajarannya. Saat ada masalah, jangan buang kesempatan untuk belajar bersabar. Semakin banyak masalah dalam hidup kita, semakin banyak kesempatan untuk belajar. Semakin kita memanfaatkan kesempatan itu, semakin kita terlatih untuk bersabar.

Bahkan kesulitan karena menghidupkan api di tungku kayu pada musim penghujan, merupakan bagian dari latihan kesabaran. Karena pada musim penghujan, kayu-kayu menjadi lembab. Sehingga sulit sekali terbakar. Dari situ kita belajar bahwa pada saat-saat tertentu, kita akan mengalami masa-masa sulit. Dari masa sulit itulah kita bisa berlatih untuk bersabar.

Kesabaran Adalah Proses, Bukan Hasil
Jangan menganggap bahwa kita sudah menjadi orang sabar karena sudah bersikap sabar selama beberapa kali. Ujian dalam kehidupan tidak pernah benar-benar selesai. Selama kita hidup, kita akan terus diuji. Selama itu pula kita harus senantiasa melatih kesabaran kita. Sehingga dapat dikatakan kalau kesabaran bukanlah hasil akhir. Sabar ialah bagian persiapan proses untuk menghadapi ujian berikutnya.


Itulah beberapa tips melatih kesabaran dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak mudah. Namun dengan latihan yang tidak pernah ada kata selesai, kita akan mampu mencapai puncak kesabaran; dimana Allah senantiasa bersama kita para penyabar.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com