Tips Membiasakan Shalat di Awal Waktu

Advertisement

Ads

Tips Membiasakan Shalat di Awal Waktu

Sabtu, 20 Februari 2016

Shalat merupakan kewajiban pertama dan utama setelah kita mengikrarkan diri sebagai umat Muslim. Dalam rukun Islam setelah syahadat, kewajiban kita umat Muslim ialah mendirikan shalat. Shalat juga merupakan ibadah yang Allah perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad. Tanpa perantara Malaikat Jibril.

Yang menjadi spesial lagi, perintah shalat turun pada saat Nabi Muhammad SAW benar-benar berada dalam kesusahan. Beliau mengalami kesusahan pasca ditinggal mati oleh istrinya Khatijah dan pamannya Abu Thalib. Padahal selama ini, mereka lah yang membela Nabi Muhammad habis-habisan dari kejahatan kaum Kafir Kuraisy. Itu artinya, shalat merupakan obat bagi setiap kegundahan dalam kehidupan kita. Saat kita mengalami kesedihan atau kebingungan, shalat lah obat yang paling mujarab.

Dalam sehari-semalam, ada 5 waktu shalat wajib yang harus kita penuhi.  Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Namun demikian, ada kalanya kita lalai dalam menjalankan ibadah shalat yang hanya 5 waktu itu. Kalau pun tidak telat atau tertinggal, shalatnya kadang di akhir waktu. Dan entah apa alasannya, kebiasaan menunda pekerjaan ini juga kita terapkan pada ibadah terpenting seperti shalat. Untuk bisa melaksanakan shalat di awal waktu, kita harus mengawali dari pembiasaan. Ala bisa karena biasa. Berikut ini cara atau tips agar kita terbiasa shalat di awal waktu:

Pahami Bahwa Adzan Adalah Panggilan
Kalau kita menanggapi panggilan telepon dengan segera, kenapa kita tidak bisa menanggapi panggilan shalat dengan segera pula? Bukankah shalat merupakan aktivitas yang paling penting bagi kehidupan kita sebagai Muslim? Adzan dikumandangkan bukan sekadar untuk didengarkan, dijawab kemudian membaca doa setelahnya. Bukan pula panggilan yang dibiarkan melebur bersama obrolan yang tidak terlalu penting.

Adzan berkumandang sebagai pertanda masuk waktu shalat. Saat kita mendengar adzan untuk shalat, cobalah untuk segera menghentikan semua aktivitas kita. Baik itu berupa pekerjaan, hobi, belajar atau yang lain. Kecuali memang aktivitas tersebut mengikat. Kita bisa menundanya selama beberapa menit. Namun jika aktivitas tersebut tidak mengikat, sebaiknya segera letakkan untuk sementara.

Ambil Wudhu dan Segera Lakukan Shalat dengan Tenang dan Khusu’
Sesaat setelah mendengar adzan, segera meluncur ke kamar mandi dan berwudhu’. Usai wudhu’, lakukan shalat dengan khusus’. Jangan merasa terpaksa atau merasa sudah lebih baik karena bisa shalat di awal waktu. Sebab kita tidak pernah tahu seperti apa syetan yang tidak pernah berhenti menggoda kita. Intinya, meski sudah bisa melaksanakan shalat di awal waktu, tetaplah memohon pertolongan kepada Allah. Agar di hari-hari selanjutnya bisa istiqomah shalat di awal waktu.

Buat Komitmen Pada Diri Sendiri
Ketika kita sudah bisa memulai shalat di awal waktu selama 1 hari, untuk selanjutnya ialah membuat komitmen. Saat kita shalat di awal waktu, hati biasanya menjadi lebih tenang. Untuk bisa mendapatkan atau mempertahankan ketenangan tersebut, artinya kita harus mempertahankan penyebabnya. Penyebabnya ketenangan di hari itu ialah shalat di awal waktu. Maka untuk hari selanjutnya, usahakan sebisa mungkin shalat di awal waktu.


Itulah beberapa tips agar kita terbiasa shalat di awal waktu. Kalaupun aktivitas tidak memungkinkan untuk shalat di awal waktu, setidaknya kita tidak menunda shalat hingga akhir waktu. 


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com