Kembali Menikmati Sensasi Rasa Jagung Bakar dan Sop Daun Kelor

Advertisement

Ads

Kembali Menikmati Sensasi Rasa Jagung Bakar dan Sop Daun Kelor

Unzilatur Rahmah
Rabu, 17 Februari 2016

Bagi masyarakat Madura asli, Sop Daun Kelor merupakan menu yang sudah tidak asing lagi. Karena hampir setiap hari, menu andalan masyarakat Madura, khususnya pedesaan, ialah Sop Daun Kelor. Di adat Betawi, Daun Kelor digunakan untuk mengibas-ngibaskan mayat. Tujuannya, agar mayat tersebut segera membusuk sehingga tidak mengundang para penganut ilmu hitam untuk memanfaatkan si mayat.

Sebagai salah satu menu andalan di Madura, beragam cara untuk menikmati Sop Daun Kelor. Contohnya ialah menikmati Sop Daun Kelor bersama nasi jagung, sambal terasi dan ikan. Ada juga yang dijadikan kuah koya; serbuk koyanya menggunakan jagung kering yang disangrai lalu ditumbuk hingga halus.

Ada pula salah satu cara menikmati Sop Daun Kelor yang banyak dilakukan masyarakat Pamekasan, Madura. Ialah dengan memakannya bersama Jagung bakar. Pas sekali, saat ini sebagian dari daerah Madura baru saja musim jagung yang baru bisa dibakar. Sebagian lagi, sudah ada yang memanen Jagung.

Cara membuat Sop Daun Kelor dan Jagung bakar pun cukup mudah. Kita hanya perlu membuat Sop Daun Kelor terlebih dahulu. Bumbunya hanya Temu Kunci, Bawang Merah dan Bawang Putih. Ditambah dengan garam serta penyedap. Setelah Sop Daun Kelor matang, selanjutnya ialah membakar jagung yang setengah tua. Jagung yang langsung dibakar sesaat setelah diambil dari ladang biasanya memiliki rasa manis alami. Berbeda dengan jagung yang sudah didiamkan sehari atau beberapa hari, seperti jagung yang dijual di pasar. Rasanya sudah anyep.


Setelah jagung selesai dibakar, dimakan selagi masih hangat bersama Sop Daun Kelor. Jagung bisa dimasukkan ke dalam Sop sehingga perpaduan rasanya bercampur. Bisa juga dengan cara dimasukkan ke mulut satu-per satu. Usai memasukkan jagung dan mengunyahnya sedikit, baru menyeruput Sop Daun Kelor. Sop Daun Kelor juga lebih nikmat dinikmati saat masih hangat. Apalagi ditambah dengan cabai. Rasanya benar-benar nikmat dan memiliki sensai yang berbeda dibandingkan menu makanan sehari-hari biasanya.

Yang tak boleh ketinggalan, berkumpul bersama keluarga itu loh. Jagung Bakar dan Sop Daun Kelor ibarat pemersatu seluruh anggota keluarga. Apalagi jika dinikmati pada saat hujan turun. Suasana berkumpul bersama keluarga menjadi semakin menarik. Tali kekeluargaan pun semakin erat hanya dengan dua menu; Jagung Bakar + Sop Daun Kelor.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com