Jamu Daun Mimba, Cara Masyarakat Madura Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Musim Hujan

Advertisement

Ads

Jamu Daun Mimba, Cara Masyarakat Madura Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Musim Hujan

Rabu, 17 Februari 2016

Di puncak musim hujan seperti sekarang, kuman, virus dan penyebab penyakit lainnya bertebaran di mana-mana. Udara yang lembab dan kurangnya sinar matahari membuat penyebab penyakit berkembang lebih cepat dan kuat. Hasilnya, penyakit musiman pun tidak bisa dihindari. Mulai dari flu, batuk, demam, muntaber  dan penyakit-penyakit musiman lainnya.

Bagi orang yang daya tahan tubuhnya lemah, akan semakin mudah terserang penyakit. Terutama mereka yang aktivitasnya di tempat kotor. Atau orang-orang yang aktivitasnya kurang gerak. Penyebab penyakit mudah sekali menyerang, hasilnya tubuh merespon dengan cepat dan berupaya melawan penyakit tersebut. Hasil dari respon sistem imun tersebut, tubuh kita menjadi tidak enak. Ditambah dengan rasa tidak nyaman akibat penyakit yang masuk ke tubuh.

Oleh karena itu, penting sekali memperkuat daya tahan pada musim hujan seperti sekarang. Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kalau pun penyakit terlanjur masuk, tubuh bisa membasminya dengan cepat. Untuk memperkuat daya tahan tubuh, tidak ada salahnya kita mencoba resep orang Madura ini. Caranya ialah dengan menggunakan Daun Mimba. Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mengolah Daun Mimba untuk daya tahan tubuh.

Ditumbuk Lalu Diperas Santannya
Cara ini digunakan untuk sekali minum. Ambil segenggam Daun Mimba, cuci hingga bersih menggunakan air. Kemudian tumbuk hingga santan daunnya merembes. Setalh itu diberi segelas air lalu diperas. Selanjutnya air perasan Daun Mimba tersebut diminum sampai habis. Rasanya memang sangat pahit dan bau. Namun cukup baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Direbus Hingga Air Berwarna Hijau Kecokelatan
Untuk diminum dalam jangka panjang, kita bisa mengolah Daun Mimba dengan cara meresbusnya. Caranya ialah dengan mengambil 5 gengang Daun Mimba. Kemudian direbus dengan 5 ½ gelas air minum. Rebus hingga air berkurang dan tersisa 5 gelas. Warna air juga harus sampai berubah warna kecokelatan. Setelah itu diminum secara rutin dalam 5 hari. Agar tidak basi, air rebusan tersebut dihangatkan setiap pagi dan sore.

Itu lah resep alami memperkuat daya tahan tubuh ala masyarakat Madura. Kebanyakan orang memang tidak suka dengan daun jamu yang satu ini. Di samping baunya yang menyengat, rasanya juga sangat pahit. Namun itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan khasiatnya yang juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. 


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Ahmad/eMadura.com