Dari Pola Pikir Berujung Pada Kesuksesan

Advertisement

Ads

Dari Pola Pikir Berujung Pada Kesuksesan

Sabtu, 20 Februari 2016

Dalam pendidikan keluarga, orang tua sangat menentukan terhadap karakter anak di masa depan. Itu tergantung pada kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan saat masih kecil. Jika kebiasaan yang diterapkan orang tua itu baik, maka karakter anak di masa depan kemungkinan besar baik pula. Namun jika sebaliknya, karakter anak pun akan jelek di usia dewasanya.

Pembiasaan tidak hanya berlaku dalam pendidikan keluarga. Tetapi juga dalam upaya mendidik diri sendiri. Jika kita  terbiasa dengan hal-hal baik, kelak karakter kita pun akan baik pula. Namun jika kita sudah terbiasa dengan tindakan jelek, maka karakter akan jelek pula. Lebih dari itu, tindakan akan membawa orang pada kesuksesan atau kegagalan. Lalu bagaimanakah tindakan dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang? Berikut ini penjelasannya.

Pola Berpikir Menentukan Sikap
Cara berpikir seseorang menentukan sikapnya terhadap sesuatu di sekitar kita. Tidak hanya itu, pola pikir kita juga mempengaruhi terhadap sikap kita pada diri sendiri. Orang yang pola pikirnya sempit akan bersikap sempit pula terhadap segala sesuatu. Dia hanya memandang dari satu sudut pandang. Tanpa melihat dari sudut pandang lain.

Sikap Menentukan Tindakan
Sikap seseorang terhadap sesuatu akan menentukan tindakannya. Baik tindakan berupa perkataan maupun perbuatan. Tindakan terpuji atau bijaksana berarti berasal dari sikap serta pola pikir yang tertata.

Tindakan Menentukan Kebiasaan
Tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan membentuk kebiasaan yang mendarah-daging. Tindakan yang muncul dari proses berpikir panjang, tentu tidak serampangan. Dengan begitu, akan muncul kebiasaan yang tidak sembarangan pula.

Kebiasaan Membentuk Karakter
Kebiasaan yang sudah mendarah-daging akan membentuk karakter yang sulit sekali untuk diubah. Karakter seseorang selanjutnya terlihat dalam setiap tutur kata dan tindakan yang menjadi ciri khas tersendiri.

Karakter Menentukan Kinerja
Kaitannya dengan proses menuju kesuksesan, pola pikir yang membentuk karakter selanjutnya terlihat dalam kinerja seseorang. Baik itu kinerja dalam bekerja, berkarya maupun kinerja dalam belajar.

Kinerja Menentukan Kesuksesan
Kinerja yang baik akan menghantarkan seseorang pada gerbang kesuksesan yang ia harapkan. Sebaliknya, kinerja yang tidak baik akan membawanya pada kegagalan. Namun yang terpenting, karakter dalam hal kinerja juga harus diimbangi dengan pola pikir dalam menghadapi kegagalan. Nyatanya, orang yang benar-benar gagal hanyalah orang yang gagal mencoba dan gagal bangkit dari kegagalan.

Selanjutnya, kita lah yang memilih. Ingin menjadi orang sukses atau gagal? Itu semua ditentukan oleh pola pikir kita. Jika ingin sukses, bangunlah pola pikir juara dari sekarang. Namun jika kita bahkan tidak memiliki gambaran sukses dalam hidup, itulah sejatinya kegagalan.






Author : Unzilatur Rahmah