Beberapa Lokasi Pemandangan Senja yang Indah di Madura

Advertisement

Ads

Beberapa Lokasi Pemandangan Senja yang Indah di Madura

Unzilatur Rahmah
Rabu, 17 Februari 2016

Senja di pulau Poterran Kec. Talango Sumenep Madura
Madura dikenal sebagai pulau penghasil garam terbesar di Indonesia. Sebagian besar garam kebutuhan nasional diperoleh dari pulau Madura. Ini karena Madura dikelilingi lautan dangkal. Air lautnya sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan garam. Didukung dengan cuaca yang lebih panas jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia pada umumnya.

Namun dibalik itu, Madura juga memiliki tempat-tempat wisata yang cukup menarik. Banyak tempat wisata yang memberikan daya tarik tersendiri. Namun kebanyakan, wisata yang disajikan alam Madura adalah wisata alam. Jika Anda mencari tempat bermain seperti di Jatim Park, maka jangan harap Anda menemukan.

Anda merupakan orang yang sangat menyukai pemandangan waktu senja? maka itu artinya kita satu selera. Namun lebih dari itu, Anda harus tahu  beberapa lokasi yang menyajikan pemandangan senja di Madura. Ada beberapa lokasi wisata menyajikan pemandangan senja yang begitu memikat. Diantaranya ialah lokasi wisata senja berikut ini:

Dermaga Branta, Tlanakan Pamekasan
Bagi mahasiswa di Pamekasan, Dermaga Branta sudah tidak asing lagi. Karena sebagian mahasiswa di Pamekasan menghabiskan sore di Dermaga Branta ini. Sebetulnya Dermaga Branta dibangun sebagai pelabuhan kapal para nelayan. Namun karena daya tariknya di waktu senja dan pagi, masyarakat menjadikannya sebagai objek wisata. Khususnya kalangan anak muda Pamekasan.

Lokasi Dermaga Branta cukup lapang. Sehingga Matahari mudah terlihat. Di waktu sore menjelang matahari terbit, Dermaga Branta menyajikan keindahan langit sore yang berwarna oranye. Tentu jika tidak sedang mendung. Selain di waktu senja, keindahan alam Dermaga Branta Pesisir juga bisa dinikmati di waktu pagi. Jika hendak berlari pagi, tidak ada salahnya menjadikan Dermaga Ambat sebagai tujuan. Sesampainya di sana, kita bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Bukit Kapur Gua Putih Jaddih, Bangkalan
Jika Anda kebetulan jalan-jalan ke lokasi wisata Kolam Bukit Kapur Bangkalan di sore hari, jangan lupa untuk naik ke bukitnya. Karena di sana, Anda bisa menikmati  keindahan senja yang begitu indah. Dari ketinggian bukit tersebut, kita bisa menikmati proses matahari tenggelam dengan sempurna. Tentu jika tidak dihalangi awan atau mendung.

Rumah Makan Asela Sampang
Mencicipi wisata kuliner sambil menikmati keindahan alam langit Sampang tentu akan terasa lengkap. Wisata seperti ini bisa Anda nikmati di Rumah Makan Asela, Kec. Camplong Sampang. Pergilah ke Rumah Makan Asela ini di sore hari. Sambil menunggu pesanan datang, Anda bisa sambil lalu menikmati keindahan senja di langit lautan.

Gua Lebar Sampang
Di bagian bawah atau bagian dalam gua, kita memang akan sulit melihat pemandangan langit, apalagi senja. Namun jika kita bersantai ke atas, maka kita akan dengan mudah menikmati langit. Di sore hari, kita bisa menikmati senja. Sedangkan di pagi hari, kita dapat menikmati sunrise atau matahari terbit.

Kepualauan di Sumenep
Meski merupakan pulau kecil, Madura juga memiliki daerah kepulauan. Kepulauan yang terdapat di Kab. Sumenep, pelabuhan rata-rata berada di bagian barat pulau. Sehingga kita dapat dengan mudah menikmati senja jika melakukan perjalanan di sore hari. Ada beberapa pulau yang menjadi tujuan para wisatawan; Pulau Poterran Kec. Talango, Gili Iyang dan Gili Labek dengan daya tariknya masing-masing.


Nah, jika Anda merupakan salah satu bagian dari penyuka senja, maka tidak ada salahnya mencoba objek wisata di atas. Terutama, luangkan waktu pada sore hari. Karena selain di waktu sore, jangan harap Anda bisa menemukan senja.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2016 - Unzi/eMadura.com