Emping Teki, Camilan Unik dari Umbi Rumput

Advertisement

Ads

Emping Teki, Camilan Unik dari Umbi Rumput

Aminullah
Sabtu, 23 Januari 2016


via oleholeh-khasmadura.blogspot.com
Rumput teki merupakan rumput yang dikenal masyarakat sebagai gulma pengganggu tanaman utama di sekitarnya justru memiliki potensi yang begitu menarik. Rumput ini biasanya hanya dimanfaatkan untuk makanan ternak sapi. Namun rumput ini bisa menjadi bahan olahan yang bernilai jual tinggi bagi warga Sumenep, Madura.

Harga yang mahal dari Emping teki ini dikarenakan sulitnya mendapatkan umbi rumput teki. Emping teki nama olahan tersebut, bentuknya layaknya emping melinjo. Emping teki camilan khas Madura ini sudah banyak dikenal oleh para pendatang di Madura sekalipun.

Jika kamu datang ke Madura, maka bisa mengicipi emping teki camilan khas Madura ini. Bahkan kamu bisa menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan rekan kerja sepulang liburan dari Madura. Camilan unik ini dibuat dari umbi rumput teki. namun rasanya sangat gurih dan renyah. Bahkan emping teki ini mampu bertahan selama setahun bila disimpan pada wadah yang kedap udara.

Emping teki camilan khas Madura ini diolah dari umbi rumput teki yang telah dibersihkan kulitnya. Setelah bersih, umbi tersebut direbus dan ditumbuk layaknya proses pembuatan emping melinjo. Uniknya satu bulatan emping jadi tersebut dibuat memerlukan umbi sebanyak 10 buah. Hasil tumbukan umbi yang telah dipipihkan tersebut dikeringkan. Bila telah mengering maka emping tersebut siap untuk digoreng.

Bahkan emping teki camilan khas Madura ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan seperti menormalkan siklus haid, mengurangi sakit gigi, dan gangguan pencernaan. Hal ini karena umbi rumput teki memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, siperol siperol, dan senyawa lain yang baik untuk kesehatan.