Madura Sedang Musim Nangka dan Mangga

Advertisement

Ads

Madura Sedang Musim Nangka dan Mangga

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 07 November 2015

Musim mangga di madura
Meski merupakan daerah dengan cuaca tropis, Madura juga kaya dengan musim-musiman. Perpaduan dua  musim; kemarau dan hujan, tak membuat Madura sepi dari musim-musiman. Saat ini, di Madura sedang berada pada musim peralihan dari kemarau ke hujan. Cuaca menjadi sangat kering dan panas. Tak heran jika saat ini sedang musimnya orang tidak betah di luar ruangan, musim keringat berlebih, dan musim kaki pecah-pecah.

Namun di samping itu, Madura juga sedang musim buah. Diantara buah yang sedang ramai dan mudah kita temukan ialah buah Mangga dan Nangka. Buah yang satu ini memang mudah sekali hidup di Madura. Bahkan meski di daerah dengan kontur tanah liat. Sehingga mudah sekali menemukan pohon Nangka dan Mangga di setiap desa di Madura.

Buah Nangka dan Mangga biasanya memiliki harga lumayan pada awal-awal musim buah ini. Semakin ke tengah, harga akan semakin murah. Namun ketika mendekati buah Nangka dan Mangga akan segera habis, harganya akan kembali naik. Oleh karena itu, beruntung lah warga yang memiliki Nangka yang matang pada awal-awal musimnya.

Berkenaan dengan Nangka dan Mangga, selain daging buahnya sangat manis, bagian kulit juga bisa dimanfaatkan. Masyarakat Madura biasanya memanfaatkan Kulit Nangka dan Mangga, maupun Biji Nangka sebagai bahan tambahan pangan untuk Kambing dan Sapi. Apalagi di saat akhir musim kemarau panjang ini, pakan ternak menjadi semakin sulit.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com