Sakit Punggung Akibat Bekerja Berat? Coba Resep Jamu Orang Madura Ini

Advertisement

Ads

Sakit Punggung Akibat Bekerja Berat? Coba Resep Jamu Orang Madura Ini

Unzilatur Rahmah
Rabu, 28 Oktober 2015

Masyarakat Madura dikenal sebagai masyarakat pekerja keras dan pekerja berat. Tak pilih laki-laki ataupun petempuan. Tak hanya laki-laki yang bisa menggunakan cangkul, kaum perempuan pun bisa. Pemandangan ini mudah sekali ditemukan di Madura. Meski sekarang sudah mulai berkurang. 

Masyarakat Madura bukan berarti tahan banting tidak sakit-sakitan meski sudah bekerja berat. Hanya saja, para pekerja berat entah itu laki-laki atau perempuan, memperbanyak jamu. Khususnya jamu untuk mengobati sakit punggung. Dimana sakit punggung merupakan salah satu penyakit paling rentan dialami para pekerja berat. 

Salah satu resep jamu para pekerja berat di Madura ialah telur ayam kampung dan kopi murni. Sebutir telur ayam kampung dicampur dengan tumbukan kopi asli tanpa diberi gula. Campuran tersebut kemudian diminum secara rutin. Jika pekerjaan sedang dalam porsi yang sangat berat, dosisnya bisa ditambah. 3-5 telur ayam kampung bisa diminum sekaligus. Selain menambah stamina, jamu tradisional ini terbukti mampu meredakan sakit punggung akibat bekerja keras.