Kec. Bluto Sumenep, Sentra Pohon Sawo di Madura

Advertisement

Ads

Kec. Bluto Sumenep, Sentra Pohon Sawo di Madura

Unzilatur Rahmah
Rabu, 02 September 2015

Indonesia merupakan negara tropis dimana pohon buah-buahan mudah sekali hidup. Mulai dari buah khas pedesaan seperti pisang, hingga buah yang butuh perawatan khusus seperti apel dan anggur. Madura merupakan bagian kecil kepulauan di Indonesia yang juga kaya akan buah. Salah satu buah yang bisa ditemukan di Madura ialah Sawo.

Buah manis berwarna cokelat ini bisa ditemukan di Sumenep, tepatnya di Kecamatan Bluto. Kecamatan Bluto sendiri bisa diakses dari jalan utama lintas kabupaten. Hanya saja untuk bisa tiba di sentra Pohon Sawo Bluto, harus mengambil arah ke barat terlebih dahulu. Pohon Sawo banyak ditemukan di desa Sera Timur dan Sera Tengah.

Uniknya, Pohon Sawo di Kec. Bluto bisa berbuah meski ukurannya tidak terlalu besar. Pada saat musim Sawo seperti sekarang, pohon Sawo di Kec. Bluto bisa berbuah sangat lebat. Rasa Sawo matang asal Kec. Bluto lebih manis bila dibandingkan dengan Sawo pada umumnya. Setiap keluarga setidaknya memiliki satu hingga dua pohon Sawo. Saat musim panen Sawo pada Bulan Agustus-September seperti sekarang, Sawo bisa dijual ke pengepul hingga puluhan karung. Sawo tersebut kemudian dijual ke daerah Madura dan luar .



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Unzi/eMadura.com