Ragam Bisnis Jangka Panjang yang Bisa Dikembangkan di Madura

Advertisement

Ads

Ragam Bisnis Jangka Panjang yang Bisa Dikembangkan di Madura

Unzilatur Rahmah
Kamis, 06 Agustus 2015

Ketika berbicara Madura, orang luar sering mengidentikannya dengan cuaca panas serta sikap masyarakatnya yang keras. Karena itu lah, masyarakat Madura selalu dianggap terbelakang dalam urusan perkembangan ekonomi. Padahal bila dibandingkan dengan keadaan di luar Madura, ekonomi keluarga masyarakat Madura jauh lebih stabil.

Berbicara soal ekonomi di Madura, ide-ide bisnis untuk mengembangkan ekonomi di Madura pun cukup penting. Ide bisnis yang akan kita bahas kali ini tentu berupa bisnis jangka panjang (bukan musiman). Bisnis musiman memang cukup menguntungkan bila kita pandai membaca pasar. Namun akan membuat kita pusing untuk mencari bisnis lain bila musimnya sudah habis. Berikut ini bisnis yang bisa kita pertimbangkan. Khususnya sebagai masyarakat Madura yang ingin memperbaiki perekonomian keluarga, dan memajukan perekonomian Madura.
  1. Bisnis peternakan. Untuk menguatkan ekonomi keluarga, masyarakat Madura rata-rata memelihara sapi untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan mendadak. Konsep ini bisa dikembangkan dengan bisnis peternakan dengan skala lebih besar. Dan hal ini tidak hanya bisa diterapkan di peternakan sapi. Tetapi juga bisa digunakan di peternakan unggas seperti ayam pedaging, ayam petelur, peternakan puyuh dan sebagainya. Karena bisnis peternakan seperti ini tidak terikat musim, Anda pun tidak perlu pusing mencari ide bisnis lain.
  2. Bisnis tanam Pohon Bahoni. Bagi masyarakat yang memiliki lahan tegal tak terolah, alangkah lebih baik bila ditanami pohon Bahoni. Anda bisa mendapat keuntungan dari penjualan kayu Bahoni yang lumayan mahal. Namun untuk bisnis menanam pohon Bahoni ini, mengharuskan Anda memiliki sumber penghasilan lain. Karena jangka waktu penanaman hingga pohon siap tebang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Menanam kayu Bahoni (juga jenis kayu lainnya), cocok untuk investasi jangka panjang.
  3. Home industri. Industri rumah tangga saat ini sedang betul-betul gencar dikampanyekan oleh pemerintah. Industri rumah tangga seperti camilan, kerajinan tangan dan lainnya bisa dilakukan oleh ibu-ibu. Yang penting bisa membuat industri kreatif dan mampu membaca pasar Madura maupun luar Madura.
  4. Bisnis kuliner. Meski industri pariwisata di Madura tidak begitu pesat perkembangannya, bisnis kuliner khas Madura sebenarnya bisa dikembangkan. Konsep pemasaran yang menarik akan membuat bisnis kuliner di Madura bisa berkembang pesat.

Tertarik dengan ide bisnis non-musiman yang kami sajikan? Silakan amati dan manfaatkan segala potensi dan kesempatan di sekitar Anda. Dijamin, Anda tidak perlu merantau ke negara lain kalau hanya untuk mencari nafkah sehari-hari.



Author : Unzilatur Rahmah