Menikmati Hari di Pelabuhan Tanglok Sampang

Advertisement

Ads

Menikmati Hari di Pelabuhan Tanglok Sampang

Minggu, 09 Agustus 2015

Sampang memiliki pelabuhan yang masih dijaga sebagai pelabuhan tradisional. Pelabuhan itu adalah pelabuhan Tanglok. Pelabuhan Tanglok adalah salah satu pelabuhan tradisional yang masih ada dan tetap berfungsi di kota Sampang. Di pelabuhan ini Anda dapat menyaksikan perahu-perahu tradisional yang masih digunakan sampai saat ini sebagai alat transportasi pengangkut penumpang antara Sampang dan Pulau Mandangin.

Orang-orang dari Pulau Mandangin biasanya melewati Pelabuhan Tanglok agar bisa sampai di kota Sampang. Demikian juga sebaliknya. Selain sebagai pelabuhan, di tempat ini juga terjadi kegiatan jual beli ikan hasil melaut para nelayan. Nelayan yang mayoritas berasal dari Pulau Mandangin menjajakan hasil lautnya di pelabuhan ini. Pengunjung bisa melihat dan membeli langsung ikan segar yang baru ditangkap oleh para nelayan.

Banyak warga sekitar yang lebih memilih untuk membeli ikan di pelabuhan Tanglok. Hal itu karena harganya yang lebih murah daripada ketika membeli ikan d pasar. Selain harga yang lebih murah, ikan yang dijajakan oleh nelayan juga masih segar. Tentu saja hal itu karena ikan yang ada disini baru didapatkan dari laut.

Selain aktivitas nelayan dan warga yang mau membeli ikan, para pengepul ikan juga mudah dijumpai. Para pengepul memborong ikan para nelayan untuk dijual kembali secara eceran. Anda juga bisa menikmati uniknya perahu tradisional yang berjejer di sepanjang tepi pelabuhan. Perahu tradisional dan aktivitas warga dan nelayan bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk menikmati hari di sini.



Author : Jamaluddin | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com