Resep Kue Serabi, Kue Khas Malam Ke-21 Bulan Ramadhan di Daerah Pamekasan

Advertisement

Ads

Resep Kue Serabi, Kue Khas Malam Ke-21 Bulan Ramadhan di Daerah Pamekasan

Unzilatur Rahmah
Kamis, 09 Juli 2015

Kue Serabi merupakan salah satu menu makanan ringan wajib di daerah Pamekasan Madura, khususnya daerah Kadur dan Larangan. Tanpa Kue Serabi, malam tanggal 21 bulan Ramadhan rasanya belum lengkap. Meski sudah ada makanan ringan lain yang diniatkan akan dibawa ke tempat tarawih nanti, Kue Serabi tetap tak bisa ditinggalkan. Setidaknya, Kue Serabi dibuat untuk dimakan sendiri di rumah bersama keluarga (bukan untuk dibawa ke tempat shalat tarawih).

Makanan ini merupakan jenis makanan yang sangat ringan dari segi bahan. Anda hanya membutuhkan air, garam, tepung terigu dan tepung beras separuh-separuh, serta 1 buah kelapa ukuran kecil yang diparut. Catatan, jika tepung berasnya 1/4 Kg maka tepung terigunya 1/4 juga. Kelapanya cukup yang berukuran kecil. Namun jika total jumlah tepung lebih dari 1/2 Kg, maka kelapanya ambil yang berukuran sedang.

Cara membuatnya ialah sebagai berikut:

1. Campur semua parutan kelapa dan tepung hingga rata. Beri kurang lebih 1 sendok teh garam sebagai penguat rasa.

2. Panaskan air sekitar 1,5 gelas air minum atau secukupnya. Kemudian tuangkan pada tepung hingga menjadi adonan ekstra kental.

3. Selanjutnya panggang adonan hingga setengah matang. Cara memanggang cukup menggunakan kompor dan wajan saja. Sebelum memasang adonan, olesi wajan agar tidak lengket. Panggang sebanyak 3-4 Serabi saja setiap sekali putaran.

4. Jika sudah selesai semua, kukus agar betul-betul matang. Serabi matang biasanya tidak ada putih-putihnya di bagian dalam Serabi. Serabi matang biasanya berwarna agak putih tulang. Selanjutnya, selamat mencoba di rumah. Semoga Anda selamat dan Kue Serabinya benar-benar jadi.




 Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Unzi/eMadura.com