Kemeriahan Membangunkan Orang Untuk Sahur di Madura

Advertisement

Ads

Kemeriahan Membangunkan Orang Untuk Sahur di Madura

SAKERA MEDIA
Jumat, 10 Juli 2015

Membangunkan sahur yang dilakukan oleh sekelompok orang sudah biasa terjadi dibeberapa negara Muslim  di dunia, termasuk juga di Talang Siring Pamekasan Madura Jawa Timur. Kegiatan membangunkan untuk sahur hingga saat ini masih terlaksana dengan kemeriahan tersendiri sepanjang bulan Ramadhan.

Saat menjelang waktu sahur tiba,  kebiasaan orang Madura(biasa dilakukan oleh anak muda) untuk membangunkan orang-orang untuk sahur, yaitu melakukan musik patrol keliling dan musik. Musik ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang (lima orang atau lebih) sambil menabuh tong-tong dan alat musik lainnya.


Tong-tong adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bahan bambu yang masing-masing ujungnya dilubangi. Saat melakukan patrol, sekelompok orang tersebut akan berkeliling desa dengan diiringi musik dengan atau tanpa lagu. Secara otomatis, orang yang terlelap akan terbangun saat mendengarkan musik ini.

Musik patrol khusus Ramadhan ini biasanya dilakukan dengan berkeliling kampung atau desa yang dimulai sekitar jam 01.000 WIB dini hari, hingga 03.000 WIB.
Kekompakan musik membangungkan orang sahur ini sangat terjaga agar menghasil musik dan nyanyian lagu daerah atau lagu Indonesia yang membuat para orang terbangun asyik mendengarkannya.