Bu’u’, Makanan Tradisional Orang Madura

Advertisement

Ads

Bu’u’, Makanan Tradisional Orang Madura

SAKERA MEDIA
Kamis, 30 Juli 2015

Salah satu makanan tradisional yang menjadi ikon di pulau Madura adalah bu’u’. Di luar Madura, mungkin sulit ditemui makanan sejenis ini, karena bu’u’ umumnya hanya ada di Madura. Ia adalah sejenis makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan parutan singkong, lalu ditaburi parutan kelapa. Makanan ini sudah ada sejak dulu dan masih dilestarikan hingga saat ini. Beda dengan makanan yang lain, sajian bu’u’ sangat sederhana sehingga siapa pun bisa membuatnya. Cukup bermodalkan nasi, singkong atau ubi jalar, dan kelapa, kita sudah bisa menikmatinya.

Biasanya, bu’u’ dijadikan sebagai sarapan pagi oleh orang Madura sebelum mereka berangkat ke ladang untuk bekerja. Katanya, makanan ini sangat cocok dimakan di pagi hari karena sajiannya sangat praktis, yakni hanya dilengkapi dengan sayur kuah ghangan maronggi dan ulekan cabe-garam. Orang Madura sangat menyukai hal itu, karena rasanya sangat nikmat dan cukup mengganjal perut yang lapar di pagi hari.

Bu’u’ biasanya juga disajikan saat seseorang jak-ngajak (minta bantuan kepada orang-orang untuk memanen jagung, menanam tanaman, membuat bangunan, dan lain sebagainya yang tentunya melibatkan banyak orang). Nah, sebelum bekerja, mereka akan dihidangkan bu’u’ dan ghangan maronggi sebagai sarapan pagi.  Atau bisa pula bu’u’ ini disandingkan dengan minuman poka’ (minuman yang terbuat dari rebusan air, gula merah, dan jahe). Rasanya sama-sama nikmat. Setiap orang bisa memilihnya sesuai selera.

Bagi Anda yang mau mencoba untuk membuat bu’u’ makanan tradisional orang Madura ini, kami akan berbagi tips dan cara membuatnya. Berikut ini resepnya:

Bahan-Bahan:

1. Nasi

2. Singkong/ubi jalar

3. Kelapa

4. Garam/penyedap rasa

Cara membuatnya:

1. Masak nasi hingga matang

2. Kupas singkong lalu parut menggunakan parutan khusus singkong

3. Kukuslah singkong di atas kompor/bisa juga dikukus langsung di atas nasi yang sedang dimasak

4. Parutlah kelapa yang telah dikupas kulitnya

5. Jika semua sudah matang, campurkan nasi dan parutan singkong

6. Lalu, parutan kelapa yang dicampur sedikit garam ditaburkan di atas bu’u’

Demikian cara membuat bu’u’ yang sangat mudah. Selamat mencoba…