Tips Mengatasi Bibir Kering Selama Berpuasa

Advertisement

Ads

Tips Mengatasi Bibir Kering Selama Berpuasa

SAKERA MEDIA
Kamis, 18 Juni 2015



Selama berpuasa memang masalah umum yang seringkali terjadi adalah bibir kering serta pecah-pecah. Masalah gangguan bibir ini tentunya menjadikan Anda terlihat kurang segar dan pucat. Bibir yang kering selama berpuasa dapat disebabkan oleh dehidrasi. Akan tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mengatasi masalah yang satu ini.

Selain Anda haru minum lebih banyak air putih ketika berbuka maupun sahur, untuk mengembalikan cairan tubuh maka Anda juga dapat mengikuti beberapa tips penting yang ada dibawah ini.

Lakukan pengelupasan kulit
Pengelupasan kulit mati yang ada di bibir dapat Anda lakukan minimal sekali dalam seminggu. Cara untuk melakukannya yaitu dengan membasahi bibir menggunakan air hangat, kemudian gosok bibir Anda mengguunakan sikat gigi berbulu halus. Lakukanlah secara perlahan agar sikat tidak melukai bibir Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk khusus pengelupasan kulit bibir.

Biasanya produk tersebut mirip dengan lipbalm. Kulit mati sekaligus kulit kering akan dengan mudah terkelupas. Selain itu, menggunakan lip balm juga menjadi cara lain untuk mencegah bibir kering. Dimana lip balm dengan kandungan minyak alami serta terdapat label SPF. Karena kandungan pada lip balm tersebut dapat menjaga bibir Anda dari bahaya sinar atahari yang menjadi pemicu dari bibir kering selama berpuasa.

Hindari makan-mmakanan asin dan pedas

Baik ketika sahur maupun berbuka puasa akan lebih baik jika Anda menghindari makanan asin dan pedas. Karena kedua makanan ini akan menyebabkan bibir maupun mulut Anda menjadi kering. Jika Anda mengonsumsi makanan asin maupun pedas selama berpuasa juga dapat menyebabkan Anda menjadi cepat haus. Salah satu masalah besar penghabat puasa.

Hindari menjilat bibir
Usahakan untuk tidak menjilat bibir Anda, karena ini sama sekali tidak akan membantu. Justru jika Anda enjilat bibir hanya akan memperburuk kondisin kulit bibir Anda. Hal ini dikarenakan tempelan air liur pada bibir menjadikan bibir semakin kering. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan menjilat bibir. Lagipula sangat tidak mungkin bukan jika Anda menjilat bibir Anda di siang hari ketika sedang berpuasa?

Mengonsumsi madu murni
Sebagai gantinya Anda dapat engoleskan madu ke bibir Anda. Karena madu merupakan pilihan cara alami dalam mengatasi bibir kering sekaligus pecah-pecah. Selain dapat dioleskan, madu juga dapat Anda konsumsi sebagai minuman. Karena Anda tidak mungkin mengoleskan maupun mengonsumsi madu di siang hari, maka Anda dapat meminum atau mengoleskannya ketika malam menjelang tidur. Ketika waktu sahur, Anda juga dapat meminum madu paling tidak tiga sendok makan. Dimana madu bukan hanya membantu Anda mencegah bibir kering, akan tetapi madu juga akan memberikan Anda kekuatan dan stamina selama menjalankan puasa.