Tips Diet Sehat Selama Ramadhan

Advertisement

Ads

Tips Diet Sehat Selama Ramadhan

SAKERA MEDIA
Jumat, 19 Juni 2015

Tips Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, semua umat muslim yang sudah baligh dan mampu dalam artian sehat diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Berpuasa bisa mempengaruhi pola asupan nutrisi harian. Hal ini karena waktu makan yang berubah secara drastis. Oleh karena itu, metabolisme tubuh akan melakukan penyesuaian. Pada hari pertama puasa tidak jarang banyak yang mengeluhkan rasa tidak nyaman karena seluruh sistem tubuh sebenarnya tengah memulai adaptasi dengan pola makan yang hanya dilakukan saat sahur dan buka. Namun, beberapa hari berikutnya tubuh Anda sudah terbiasa. Adapun berikut ini diberikan beberapa tips diet sehat yang bisa dijalankan selama bulan Ramadhan:

  • Atur Jadwal Makan
Selama bulan Ramadhan atur waktu makan Anda. Bagi menjadi 3 kali waktu makan. Hal ini guna mengimbangi jadwal makan harian Anda di luar bulan Ramadhan. Anda bisa mengibaratkan waktu makan sahur sebagai sarapan, waktu makan buka dengan snack sebagai makan siang, dan makan malam setelah sholat tarawih. Hal ini cukup efektif membantu pencernaan supaya tidak kaget.

  • Sertakan Karbohidrat Kompleks
Sertakan karbohidrat kompleks kaya serat dalam menu diet Anda. Misalnya beras merah, roti gandum, sayuran, buah, dan biji-bijian. Makanan dengan karbohidrat kompleks kaya serat sehingga akan dicerna lebih lama. Manfaatnya Anda tidak cepat merasa lapar. Sangat cocok sebagai menu di saat sahur. Serat tinggi yang terdapat dalam karbohidrat kompleks juga efektif membantu menstabilkan kadar gula darah.

  • Berbuka dengan yang Manis
Konsumsi makanan yang manis di saat buka. Memilih makanan manis alami seperti kurma dan buah-buahan pun menjadi pilihan tepat. Namun, disarankan membatasi snack dengan rasa manis dalam jumlah berlebihan. Terutama Anda yang memiliki riwayat sakit diabetes. Mengonsumsi makanan manis berlebih ternyata dapat membuat selera makan hilang, sehingga tidak dianjurkan dalam tips Ramadhan diet sehat.

  • Makan     Perlahan dan Tidak Perlu Terburu-Buru
Biasanya orang-orang tidak sabar menunggu waktu buka. Tidak jarang pula yang segera makan secara lahap setelah waktu buka. Memang benar setiap umat muslim yang berpuasa dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Tetapi hal ini tidak lantas berarti makan dengan terburu-buru atau secepat kilat. Kunyah makanan Anda secara perlahan dan nikmatilah. Hal ini jelas penting mengingat perut Anda tidak terisi sepanjang hari, sehingga makan perlahan ditujukan supaya pencernaan tidak kaget. Perlu diketahui, dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi perut Anda untuk mengirim sinyal ke otak.

  • Berjalan Membantu Metabolisme
Tips Ramadhan diet sehat selanjutnya yaitu untuk berjalan santai. Diketahui aktivitas berjalan ternyata membantu proses metabolisme tubuh. Lebih lanjutnya, berjalan juga bermanfaat membuat pikiran tetap jernih. Adapun berjalan kaki ke masjid untuk menjalankan sholat tarawih berjamaah menjadi ide bagus menggerakkan tubuh dan kaki Anda.