3 Buku Tentang Kebudayaan Madura

Advertisement

Ads

3 Buku Tentang Kebudayaan Madura

SAKERA MEDIA
Selasa, 02 Juni 2015


Buku-buku yang mengulas tentang kebudayaan Madura bisa dibilang masih sedikit jumlahnya. Tidak banyak dari orang Madura yang mau menulis kebudayaannya sendiri. Kebanyaan dari mereka hanya bisa menikmati kebudayaan tersebut tanpa berkeinginan untuk memperkenalkannya pada orang luar melalui karya tulisan. Namun, masih ada buku-buku tentang kebudayaan Madura yang bisa ditemukan meski jumlahnya sedikit. Di antara buku tersebut sebagian ditulis oleh orang Madura sendiri dan sebagian yang lain hasil buah tangan orang luar.

Akibat dari belum banyaknya orang yang mau mengangkat tentang kebudayaan Madura, maka sampai saat ini, sematan yang masih melekat pada Madura di mata orang luar adalah kekerasan. Wajar saja mereka memandang Madura seperti itu, sebab mereka memang tidak tahu kebudayaan dan kearifan lokal yang terdapat di Madura. Seandainya mereka mengetahui segudang kearifan yang dimiliki Madura, barangkali akan berpikir kembali untuk mengecap Madura keras.

Oleh karena itu, penting kiranya memperkenalkan budaya Madura kepada orang luar agar mereka tidak memandang Madura sebelah mata saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui tulisan. Di antara buku-buku yang membahas tentang kebudayaan Madura adalah:

1. Rahasia Perempuan Madura

Buku ini hasil buah tangan dari putra Madura, A. Dardiri Zubairi. Dalam tulisannya, dia mengangkat tentang kebudayaan dan kearifan lokal Madura yang terkesan remeh temeh namun sangat berarti. Kumpulan esai yang terdapat dalam buku ini secara tak langsung telah menyuarakan penolakan terhadap kekerasan yang dialamatkan kepada orang Madura.

2. Garam, Kekerasan, dan Aduan Sapi

Beda dengan buku sebelumnya, buku ini merupakan karya penelitian yang ditulis oleh seorang Profesor asal Belanda, Hubb De Jonge. Ia menguraikan tentang beberapa kebudayaan Madura seperti aduan sapi dalam karyanya ini.

3. Folklore Madura

Buku ini ditulis oleh Emha Ainun Najib. Uniknya, buku ini bukanlah karya penelitian, karya ilmiah, atau esai, melainkan cerita keseharian orang Madura yang dikemas secara unik dan humoris. Membaca buku ini tentu tidak harus mengernyitkan kening, sebab pembahasannya sangat sederhana dengan nuansa lucu yang diciptakan penulis. Melalui cerita, pembaca juga bisa mengenal tentang kebudayaan Madura.

Itulah tiga macam buku yang bisa ditemui tentang kebudayaan Madura.