Tanaman Sayuran Pekarangan di Madura

Advertisement

Ads

Tanaman Sayuran Pekarangan di Madura

Jumat, 01 Mei 2015


Selain tanaman obat, masyarakat Madura juga sering memanfaatkan lahan kosong di pekarangan untuk ditanami sayuran. Hal ini biasanya dilakukan oleh masyarakat dataran tinggi atau yang berada di daerah tegalan. Beberapa sayuran yang sering ditanam ialah sebagai berikut:

1.   Bayam. Bayam merupakan tanaman yang dikenal sebagai sayuran penambah darah. Masyarakat mengolah Bayam dengan membuatnya sop atau dicampur dengan sop daun kelor. Kadang juga dibuat tumis dan peccelan.

2.   Pepaya. Masyarakat Madura biasa mengolah Pepaya menjadi acar dan oseng-oseng. Kadang juga diolah menjadi sop dengan santan. Pepaya juga bisa menjadi salah satu menu rujak buah.

3.   Terong. Umumnya, masyarakat Madura mengolah Terong dengan dijadikan tumis. Atau bisa juga dibakar lalu dicampur dengan ulekan kacang tanah.

4.   Kacang Panjang. Masyarakat lebih sering mengolah Kacang Panjang dengan ditumis atau dijadikan oseng-oseng. Jenis Kacang Panjang yang ditanam di pekarangan biasanya jenis yang agak besar.

5.   Cabe Rawit. Kadang, masyarakat Madura memiliki 1 atau 2 pohon Cabe Rawit di sekitar rumah untuk mensiasati ketika sedang tidak musim Cabe Rawit.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC