Resep Membuat Selai Pepaya di Rumah

Advertisement

Ads

Resep Membuat Selai Pepaya di Rumah

Unzilatur Rahmah
Kamis, 21 Mei 2015

cara membuat selai pepaya

Selai merupakan salah satu pelengkap makanan rumahan. Ketika sarapan, Selai dibutuhkan untuk mengolesi roti. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat sering membeli selai di toko, mini market atau swalayan. Namun kadang Selai yang dibeli memberikan rasa dan aroma yang kurang enak dan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Entah karena campuran bahan kimia pengawet dan pewarna di dalamnya. Atau karena Selai yang dibeli sudah kadaluarsa.

Untuk menikmati suguhan roti yang dioles Selai, kita tidak harus selamanya membeli. Kita bahkan bisa membuat Selai sendiri di rumah, dengan rasa, aroma serta kualitas yang terjamin. Untuk membuat Selai untuk kebutuhan 1 minggu, bahan yang dibutuhkan hanya setengah buah pepaya hampir matang, setengah buah nanas matang dan ¼ Kg gula pasir. Cara membuatnya ialah sebagai berikut:

1.   Kupas pepaya dan nanas bersih, cuci dengan air hingga bersih, lalu parut.
2.   Jika sudah diparut, siapkan wajan tanpa minyak goreng di atas api sedang.
3.   Masukkan parutan Pepaya dan nanas yang hampir matang dengan air-airnya. Terus diaduk hingga air pepaya dan nanas sedikit berkurang agar tidak muncul kerak.
4.   Jika sudah berkurang, masukkan ¼ gula pasir yang sudah disiapkan.
5.   Terus dibalik-balik lagi hingga airnya betul-betul habis. Proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika air sudah habis, parutan Pepaya dan Nanas akan mengental dan Selai pun jadi.
6.   Untuk menghindari Selai menjamur atau bau, sebaiknya dihangatkan setiap hari. Jika memiliki kulkas, Selai dimasukkan ke dalam kulkas setelah dingin.


Resep membuat Selai di rumah ini memang cukup simpel. Dan Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Unzi/eMadura.com