Berbagai Tumbuhan Obat Madura dan Pemanfaatannya

Advertisement

Ads

Berbagai Tumbuhan Obat Madura dan Pemanfaatannya

Unzilatur Rahmah
Jumat, 01 Mei 2015

Meski termasuk daerah kering ika dibandingkan dengan pulau Jawa, Madura masih terbilang makmur. Salah satu buktinya ialah kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Ketika sakit, bagi masyarakat Madura lebih baik diobati dengan obat tradisional selama masih bisa. Kalau sudah tidak bisa, baru ke rumah sakit, ke puskesmas, atau ke dokter terdekat.

Masyarakat Madura sering memanfaatkan tumbuhan obat baik itu yang ditanam maupun tidak. Diantara tumbuhan obat Madura dan pemanfaatannya ialah sebagai berikut:

1.   Kunyit. Biasanya digunakan untuk mengobati demam dan tifus. Terkadang juga digunakan sebagai bumbu dapur.

2.   Temu Lawak. Kita ketahui bersama, Temu Lawak merupakan tanaman obat yang bisa menambah nafsu makan. Biasanya digunakan sebagai campuran jamu untuk anak yang mengalami susah makan.

3.   Temu Ireng. Penggunaannya biasanya dicampur dengan temu lawak.

4.   Temu Kunci. Temu Kunci atau Koncèh digunakan untuk menghangatkan badan. Kadang juga digunakan sebagai bumbu dapur. Khususnya ketika memasak Sop Daun Kelor. Kadang juga digunakan sebagai penambah aroma untuk air minum.

5.   Jahe. Sama dengan Temu Kunci, digunakan untuk menghangatkan badan. Biasanya diolah menjadi wedang jahe.

6.   Daun Beluntas. Biasanya dicampur dengan Kunyit, Daun Asam, dan Temu Lawak sebagai jamu untuk anak-anak.

7.   Daun Mimba. Masyarakat yang sering terkena gatal-gatal biasanya menjadikan Daun Mimba sebagai jamu rutin.

8.   Daun Sirih. Sering digunakan sebagai pengobatan untuk sakit gigi dan masalah kewanitaan. Nenek-nenek yang suka makan sirih sejak masih muda, terbukti giginya lebih kuat dibandingkan yang tidak biasa makan sirih.


9.   Jeruk Nipis. Kita mungkin sudah tahu, Jeruk Nipis yang dicampur dengan kecap merupakan obat batuk. Daunnya kadang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Juga digunakan sebagai penambah aroma untuk air minum.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC