Air Terjun Plesteran di Kelurahan Kowel Pamekasan

Advertisement

Ads

Air Terjun Plesteran di Kelurahan Kowel Pamekasan

Sabtu, 09 Mei 2015


Selain Air Terjun Durbugan, di Pamekasan juga terdapat Air Terjun Plesteran. Lokasinya sama, yakni terletak di Kelurahan Kowel, Kec. Kota Pamekasan. Tepatnya, di bagian hulu Air Terjun Dhurbhugan. Berdempetan dengan

Air Terjun Plesteran merupakan air terjun buatan masyarakat sekitar. Aliran air sungai alami ini dijadikan bendungan atau waduk lalu dialirkan ke sawah-sawah. Namun karena kondisi sungai di bagian hilir yang sangat rendah, membuat air dari bendungan jatuh seperti air terjun. Karena merupakan air terjun buatan, Air Terjun Plesteran ini lebar. Airnya pun jatuh rendah. Daya tarik Air Terjun Plesteran ini memang terletak pada jatuhnya air yang lebar. Bentuknya yang nyaris seperti separuh lingkaran membuat air terjun ini bertambah menarik.

Di musim kemarau, Air Terjun ini tidak akan mengalir deras seperti saat musim penghujan. Oleh karena itu, kami sarankan, jika ingin berwisata ke Air Terjun Plesteran sebaiknya pada musim penghujan. Catatannya sama; jangan pernah pacaran atau duduk berdekatan antara laki-laki & perempuan di tempat ini. Selain karena masyarakat setempat sangat menjaga, air terjun ini berada tepat di timurnya pondok pesantren.

Bahkan saat tim Emadura.com melakukan liputan di tempat ini, langsung ada masyarakat sekitar yang datang seakan memantau. Oleh karena itu, di tempat ini sangat diajurkan agar kita menjadi wisatawan yang baik.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com