Seni Ukiran Khas Madura

Advertisement

Ads

Seni Ukiran Khas Madura

Unzilatur Rahmah
Rabu, 01 April 2015

Madura merupakan kepulauan yang tak kalah dengan pulau besar yang ada di Indonesia. Dari segi kesenian, Madura tak kalah kayanya dengan Pulau Jawa, Pulau Sumatera maupun Pulau Kalimantan. Salah satu jenis kesenian yang masih cukup berkembang di Madura ialah seni ukir.

Seni ukir Madura juga telah mengalami pembaharuan. Seni ukir juga mengikuti trend perkembangan masyarakat modern. Konsep minimalis tidak hanya dimiliki oleh desain interior rumah jaman modern. Konsep minimalis juga mempengaruhi para pengrajin seni ukir yang ada di Madura.

Saat ini, seni ukir Madura telah mengalami perubahan. Jika jaman dulu, seni ukir Madura biasanya full memenuhi furniture rumah seperti ranjang, lemari, maupun perabotan lainnya. Ukirannya pun 3 D. Ukiran bagian depan tembus ke furniture belakang. Tapi ukiran seperti ini sudah hampir tidak ditemukan dalam seni ukir Madura modern. Ukiran hanya terdapat di beberapa bagian saja, seperti di bagian-bagian pojok furniture. Bentuknya pun tidak 3 dimensi. Hanya terdapat di bagian depan saja. Ukiran juga sudah ditemukan di pintu-pintu rumah, bukan hanya di furniture rumah.

Dari segi jenis ukiran, pada jaman dulu, seni ukir Madura biasanya menggabungkan antara ukiran flora dan fauna. Daun-daun, bunga, Naga, hingga burung. Ini jelas berbeda pada seni ukir Madura yang ada sekarang. Ukiran Madura sekarang hanya menggunakan jenis ukiran flora. Yakni daun-daunan, ranting, dan bunga. Hampir tidak menemukan ukiran fauna atau hewan pada ukiran Madura modern.

Anda tertarik untuk menjadi salah satu kolektor seni ukir Madura? Tidak ada salahnya mengunjungi salah satu daerah yang ada di Madura. Di antaranya terdapat di Desa Karduluk, Kec. Pragaan, Sumenep Madura.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com