Resep Membuat Peyek Ikan Teri

Advertisement

Ads

Resep Membuat Peyek Ikan Teri

Unzilatur Rahmah
Minggu, 05 April 2015

Bahan yang dibutuhkan antara lain, Ikan Teri ukuran dan jenis apapun, Tepung Terigu, Garam dan penyedap (bisa diganti dengan dengan gula). Bumbu yang dibutuhkan hanya Bawang Putih, Bawang Merah dan Sahang. Cara membuatnya ialah sebagai berikut:

1. Kupas 3 siung Bawang Putih, 3 siung Bawang Merah dan 10-15 biji Sahang. Seluruh bumbu tersebut kemudian diulek.

2. Ambil 3-5 sendok tepung terigu, beri sedikit air dan masukkan bumbu yang sudah diulek tadi. Buat adonan tepung terigu agak mengental agar ketika digoreng lebih mudah dibentuk.

3. Sebelum menambahkan garam, pastikan bahwa Ikan Teri yang akan diolah tidak diawetkan dengan garam. Basuh Ikan Teri terlebih dahulu, baru dicicipi rasanya. Jika rasanya sudah agak asin, tidak perlu menambah garam, cukup penyedap atau sedikit gula saja. Jika tidak asin, baru tambahkan adonan tepung dengan sedikit garam dan penyedap.

4. Jika adonan tepung sudah betul-betul bercampur dengan bumbu, garam dan penyedap, masukkan Ikan Teri yang sudah dicuci bersih.

5. Campur hingga rata, lalu goreng membentuk peyek sedikit demi sedikit. Goreng hingga harum dan berwarna cokelat keemasan.

6. Jika sudah matang, Peyek Ikan Teri siap dinikmati bersama Nasi Jagung dan Sop Daun Kelor.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC