Resep Membuat Kecambah Sendiri di Rumah

Advertisement

Ads

Resep Membuat Kecambah Sendiri di Rumah

Unzilatur Rahmah
Minggu, 05 April 2015


Kecambah merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya bermanfaat bagi kesehatan reproduksi. Pasangan yang sedang menjalani program kehamilan, bisa menjadikan Kecambah sebagai tambahan makanan. Bisa diolah menjadi masakan, bisa juga dimakan dalam keadaan mentah dengan cara dicampur bersama sambal petis.

Untuk mendapatkan kecambah, tidak selamanya harus membeli. Kecambah bisa diproses sendiri di rumah. Cara membuatnya ialah sebagai berikut:

1. Pilihlah Kacang Hijau yang berkualitas bagus. Yang bersih dari Kacang Hijau yang membusuk atau rusak. Untuk dikonsumsi selama 3 hari, ambillah Kacang Hijau 1 ons saja.

2. Ambil air hangat kuku. Rendam Kacang Hijau dalam air hangat tersebut selama 6-8 jam atau sampai Kacang Hijau agak membengkak. Jika sudah agak membengkak, tiriskan Kacang Hijau dari air rendaman. Biarkan di atas keranjang hingga timbul akar atau dalam Bahasa Madura disebut Merki’.

3. Jika akarnya sudah sedikit panjang, rendam kembali dalam air untuk membersihkan sebagian kulitnya. Kulit Kecambah yang berwarna hijau sebagian akan mengambang. Agar lebih banyak lagi Kulit Kecambah yang mengambang, sambil lalu digesek-gesekkan dalam air. Kulit Kecambah yang mengambang tersebut dibuang.

4. Sisa-sisa kulit yang masih melekat pada Kecambah dibuang secara manual. Jangan lupa, Kecambah terlebih dahulu ditiriskan dari air yang digunakan untuk membersihkan tadi.

5. Jika Kecambah sudah bersih dari kulitnya, Kecambah siap dikonsumsi.