Resep Membuat Camilan Manis Tèngtèng

Advertisement

Ads

Resep Membuat Camilan Manis Tèngtèng

Unzilatur Rahmah
Selasa, 14 April 2015

Tengteng/Ancang/Tegettennah Kacang merupakan salah satu camilan yang terdapat di Madura. Warnanya mirabella memiliki rasa manis, ditambah dengan perpaduan rasa kacang tanah. Tèngtèng merupakan jenis camilan yang bisa ditemukan di pasar tradisional. Juga bisa ditemukan di acara-acara hiburan, dijual oleh orang yang menjual Leppet dan Kacang Rebus.

Cara membuatnya sebetulnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, kacang, tepung beras dan tepung terigu yang dicampur total ½ Kg (masing-masing ¼ kg), pewarna makanan berwarna pink atau mirabella, gula ¼ Kg, air, sedikit garam dan minyak goreng untuk menggoreng. Cara membuatnya ialah sebagai berikut :

  1. Campur semua bahan (gula 1kg, setengah sendok makan garam, 1 liter air dan pewarna makanan). 
  2. Panaskan adonan diatas kompor dengan api sedang, sambil diaduk hungga adonan menyatu.Buat adonan agak kental sehingga lebih mudah terbentuk dan tidak terlalu encer.
  3. Jika adonan sudah agak mengental, campurkan kacang mentah yang sudah dikupas, dan diaduk hingga tercampur merata dengan adonan tadi gula tadi.
  4. Jika sudah kental dan merata, ambil sedikit-sedit dengan sendok dan dibentuk bulat.
  5. Biarkan hingga tenteng hangat dan mengeras
  6. Tèngtèng siap dinikmati baik saat masih hangat maupun sudah dingin. Bisa juga dijadikan sajian untuk para tamu di rumah. Selamat mencoba.