Mengenal Geddhâng Paka’ atau Pisang Raja

Advertisement

Ads

Mengenal Geddhâng Paka’ atau Pisang Raja

Unzilatur Rahmah
Kamis, 16 April 2015

Geddhâng Paka’ atau Pisang Raja merupakan salah satu jenis pisang yang dinilai memiliki kualitas tinggi. Pasalnya jenis pisang ini memiliki rasa yang enak, serta bentuk dan warna yang menarik. Tak heran jika pisang ini diberi nama Pisang Raja. Karena memang merupakan rajanya pisang.

Geddhâng Paka’ juga erat kaitannya dengan tradisi lamaran yang ada di Madura. Biasanya, pihak laki-laki yang akan melamar mempelai wanita, membawa seserahan jenis Geddhâng Paka’. Geddhâng Paka’ dihias sedemikian rupa lalu diletakkan di atas nampan, kemudian dibungkus dengan plastik bening bermotif. Pisang Raja lalu dibawa oleh iringan mempelai laki-laki bersama seserahan lainnya.

Masyarakat juga memiliki kepercayaan mengenai Pisang Raja yang dijadikan seserahan dalam lamaran atau pernikahan. Anak perawan yang memakan Pisang Raja yang sudah diterima oleh mempelai wanita, dipercaya akan mudah mendapatkan jodoh. Tak sedikit ibu-ibu para tetangga mempelai wanita yang memiliki anak gadis, berebut untuk bisa mendapatkan 1 buah Pisang Raja.

Itu lah sedikit mitos yang menjadi kepercayaan masyarakat Madura mengenai Geddhâng Paka’ atau pisang raja. Tanpa mitos tersebut sekali pun, semua orang tahu bahwa Pisang Raja memang rajanya pisang.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC