Keren, Galian Batu Kapur di Badur Sajikan Pemandangan Menawan

Advertisement

Ads

Keren, Galian Batu Kapur di Badur Sajikan Pemandangan Menawan

holili joe
Kamis, 02 April 2015

Bekas Galian Batu Kapur di Badur Sumenep

eMadura.com – Bukan rahasia lagi jika galian batu kapur kerap menghasilkan seni bernilai tinggi. Setelah sebelumnya di Bangkalan galian batu kapur disulap menjadi kolam, ternyata di Sumenep juga terdapat galian batu kapur yang memiliki pemandangan tidak kalah eksotis. Tak jarang tempat ini selalu menjadi salah satu tujuan objek wisata di kabupaten paling timur pulau Madura ini.

Galian Batu kapur atau batu putih ini tidak hanya menampilkan pemandangan yang menawan, kesan eksotis tampak sekali terlihat dari bukit ini. Warna putih diantara bukit-bukit menambah sensasi tersendiri bagi galian batu yang terdapat di desa Badur ini.

Salah satu hal yang menambah panorama di bukit kapur ini adalah adanya batu yang sengaja dibuat berdiri tegak di tengah-tengah galian. Batu tersebut ibarat tiang dengan diameter kurang lebih 5 meter. Dengan berdiri kokohnya batu tersebut, maka pemandangan di daerah galian batu ini pun menjadi lebih menggoda. Alhasil, wisatawan yang datang kesana pun sempat dibuat tercengang dengan kemegahan galian batu kapur tersebut. Beberapa diantaranya sempat tidak percaya dengan pemandangan yang ada di hadapannya. Keanggunan bekas galian batu tersebut langsung menghipnotis pengunjungnya untuk segera mengabadikan gambar dan pemandangan yang ada di depannya.

Jalan Menuju Galian Batu Kapur Desa Badur Sumenep
Adapun galian batu kapur tersebut terdapat di desa Badur Kecamatan Batu Putih Kabupaten Sumenep. Untuk sampai ke bekas galian batu kapur tersebut, pengunjung yang berasl dari Kota Sumenep harus berjalan mengikuti jalan protocol ke arah Utara. Usai melewati Kecamatan Manding, disana terdapat pertigaan, jika ke kiri akan ke Pantai Slopeng sedangkan jika memilih jalur lurus  menuju Kecamatan Batu Putih.

Setelah memilih lurus maka pengunjung kembali dihadapkan oleh pertigaan tepatnya di daerah Pasar Batu Putih. Salah satu jalur mudah dan cepat mencapai daerah wisata yang masih perawan tersebut sebaiknya memilih lurus hingga sampai pada pertigaan berikutnya lahan pohon jati kemudian belok kanan. Nah sekitar 5 km dari pertigaan itulah tepatnya di sisi kanan jalan akan ditemui sebuah galian batu kapur di desa badur.

Memang salah satu kendala menuju daerah tersebut adalah aksesnya yang cukup jauh dari Jantung Kota Kabupaten Sumenep. Namun, bagi wisawatan yang penasaran, kesulitan akses bukanlah halangan untuk bisa menikmati keindahan galian batu putih di desa Badur Sumenep ini.