Jalan Akses Suramadu Bangkalan yang Kian Ramai

Advertisement

Ads

Jalan Akses Suramadu Bangkalan yang Kian Ramai

Senin, 27 April 2015

Selain membawa dampak negatif terhadap Madura, kehadiran Suramadu juga membawa berkah tersendiri bagi perekonomian masyarakat Madura. Perkembangan ekonomi masyarakat Madura pasca Suramadu memang belum terlalu signifikan karena pertimbangan sosial-budaya dan agama. Namun setidaknya, keberadaan Suramadu telah membawa perubahan bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Berkah ekonomi Suramadu bisa kita lihat dari semakin banyaknya para penjual makanan dan pernak-pernik di jalan akses Suramadu wilayah Bangkalan. Di sana, ada penjual oleh-oleh, camilan khas Madura, makanan ringan lainnya, hingga pakaian. Ada pula penjual makanan bagi penguna jalan yang kelaparan dalam perjalanan. Dan hebatnya, para penjual di akses Suramadu ini membuka toko atau lapaknya hingga 24 jam. Menyesuaikan dengan pengguna Tol Suramadu yang hilir-mudik selama 24 jam.

Selain para penjual pernak-pernik dan makanan, terdapat pula masyarakat yang menyewakan jasa WC atau kamar kecil. Jasa ini biasanya merupakan jasa yang paling dicari, terutama oleh pengguna jalan yang merupakan rombongan para peziarah; baik tujuan Jawa maupun Madura. WC umum ini pun melayani selama 24 jam pula.

Meski dalam pengaruh yang masih kecil, rupanya Suramadu telah membawa perubahan terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Untuk perubahan besarnya, kita tunggu saja tahapan berikutnya. Perubahan besar di Madura insyaAllah akan segera tiba.