Ghangan Maronggi, Kuah Santapan Orang Madura

Advertisement

Ads

Ghangan Maronggi, Kuah Santapan Orang Madura

Aminullah
Rabu, 22 April 2015

Apakah Anda suka daun kelor? Kalau iya, hidangan seperti apa yang biasa Anda buat dengan berbahan dasar daun kelor? Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena ia mengandung banyak vitamin.

Jika Anda ke Madura, bisa dipastikan Anda akan menemukan pohon daun kelor hampir di setiap rumah-rumah penduduk. Setiap orang Madura umumnya memang menanam daun kelor, sebab daun kelor merupakan makanan pokok bagi orang Madura.

Daun kelor biasanya dibuat kuah yang biasa disebut “ghangan maronggi”. Biasanya, ghangan maronggi ini akan dihidangkan dengan nasi jagung, lauk pauk, dan pettes.

Meski sangat sederhana, tapi bagi orang Madura, hidangan tersebut rasanya sungguh menggoda. Tomat, kacang, dan ikan teri juga bisa menjadi pelengkap hidangan tersebut

Orang Madura hampir setiap hari membuat ghangan maronggi sebagai pelengkap nasi jagung. Menyantap kuah ini rasanya tidak ada bosannya bagi orang Madura.  Apalagi, cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak rempah dan bahan makanan lain.

Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, ikuti saja tips membuat ghangan maronggi di bawah ini:

1.    Sediakan daun kelor secukupnya, kira-kira satu genggaman

2.    Urut dan buang gagangnya

3.    Panaskan air di atas kompor

4.    Masukkan segenggam maloko’ (serbuk sari pati jagung)

5.    Sebagai bumbunya, sediakan bawang putih, bawang merah, kencur, konceh, cabe, garam dan penyedap rasa.

6.    Ulek semua bumbu tersebut hingga halus

7.    Jika air tersebut sudah mendidih, masukkan daun kelor yang diurut tadi

8.    Diamkan selama 5 menit hingga daunnya dirasa sudah setengah matang

9.    Lalu masukkan bumbunya

10.  Ghangan maronggi siap dihidangkan. Nikmatilah di saat masih hangat.

Ghangan maronggi bisa dilengkapi dengan kacang panjang atau pepaya mentah yang dipotong-potong kecil. Agar lebih matang, bahan ini dimasukkan ke dalam air mendidih sebelum memasukkan daun kelor. Bahannya memang sangat murah, tetapi rasanya bisa dipastikan tidak murahan. Selamat mencoba!