Berbagai Cara Menikmati Pisang Sabhâh dan Pisang Selendang

Advertisement

Ads

Berbagai Cara Menikmati Pisang Sabhâh dan Pisang Selendang

Unzilatur Rahmah
Minggu, 05 April 2015


Pisang merupakan salah satu jenis buah pedesaan. Disebut buah pedesaan karena bisa hidup di hampir seluruh daerah di Indonesia. Tanah tropis sangat cocok untuk jenis tanaman kebun bernama pisang ini. Ada banyak cara untuk menikmati pisang selain dimakan langsung.

Meski cara tersebut ada beberapa yang mengurangi kadar vitamin yang terkandung di dalamnya, namun sedikit mengubah rasa pisang. Anda pun bisa mencicipi olahan pisang dengan rasa yang lebih beragam. Berikut ini ada beberapa cara mengolah pisang, khususnya Pisang Sabhâh dan Pisang Selendang untuk kemudian dinikmati:

1.   Dibakar. Anda harus mencoba olahan pisang bakar ini. Rasanya biasanya menjadi lebih manis, dan rasa kecutnya agak hilang. Pisang Sabhâh atau pisang selendang dibakar di atas arang hingga agak lunak. Pisang bakar ini bisa dinikmati selagi masih hangat atau setelah dingin. Aroma Pisang Bakar lah biasanya memberikan daya tarik tersendiri.

2.   Diolah menjadi kolak. Olahan kolak Pisang mungkin sudah menjadi menu yang sering kita temui di rumah, terutama pada sore hari. Anda juga bisa melihat resep membuat Kolak Pisang di tulisan ‘Resep Membuat Kolak Pisang’.

3.   Dikukus atau direbus. Pisang bisa juga dinikmati dengan dikukus atau direbus sebelumnya. Pisang rebus atau pisang kukus biasanya lebih enak dinikmati setelah dingin.

4.   Diolah menjadi es cincau pisang. Bagi Anda yang menyukai minuman buah dingin, tidak ada salahnya mencoba mengolah pisang menjadi es cincau. Cara membuat dan mencicipi Es Cincau Pisang sebetulnya cukup mudah. Pisang dipotong dadu kecil-kecil, diberi es batu, sedikit gula pasir lalu diberi susu kental. Es cincau pisang siap dinikmati dalam keadaan dingin.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC