Waduk Nipah Banyuates Sampang, Cocok Dinikmati di Sore dan Pagi hari

Advertisement

Ads

Waduk Nipah Banyuates Sampang, Cocok Dinikmati di Sore dan Pagi hari

Unzilatur Rahmah
Rabu, 11 Maret 2015

Selain Hutan Kera Nepa, Kec. Banyuates Kab. Sampang juga memiliki objek wisata berupa Waduk Nipah. Waduk ini merupakan waduk proyek mandek karena air yang ditampung ternyata melewati celah bawah plester waduk. Jadinya, tidak ada air yang mengalir deras di waduk ini. Tapi yang menarik, waduk ini menyajikan pemandangan tebing yang cukup indah.

Karena terletak di antara dua bukit, Waduk Nipah seakan dikelilingi tembok besar. Ditambah dengan pemandangan jembatan yang mirip dengan arsitektur cina. Seandainya waduk ini terisi penuh dengan air, pesona eksotis waduk akan semakin terasa jika ditambah dengan perpaduan suara gemericik air dan desiran angin.

Di sebelah utara waduk, terdapat tebing yang di atasnya dihuni kawanan Kera. Di siang hari, Kera-Kera ini akan turun untuk mencari minum di waduk. Tapi untuk para pengunjung, jangan coba-coba mendekati Kera ini meski mereka sedang minum.
Waduk Nipah Sampang Madura
Karena mereka sangat siaga dengan pergerakan para pengunjung. Sedikit saja ada orang mendekat, Kera-Kera ini akan naik tebing dan kembali ke hutan di sebelah atas tebing. Kecuali jika pengunjung membawa makanan yang mampu menarik perhatian Kera-Kera ini.

Untuk tiba di Waduk Nipah, dari pintu masuk Hutan Kera Nipah yang terletak di jalan raya, wisatawan mengambil jalan ke barat sejauh ± 500 m. Setelah bertemu gang ke selatan, pengunjung harus menyusuri jalan tersebut sejauh ± 5 Km.

Di pinggir jalan sebelah timur atau kiri (ketika akan berangkat), akan ada plang menuju Waduk Nipah. Dengan membayar parkir Rp. 5.000- untuk sepeda motor, pengunjung sudah bisa menikmati pesona keindahan Waduk Nipah.