Rujak Corek, Sensasi Makan Rujak Madura Dengan Bumbu Di Dalam Mentimun

Advertisement

Ads

Rujak Corek, Sensasi Makan Rujak Madura Dengan Bumbu Di Dalam Mentimun

holili joe
Senin, 23 Maret 2015

Gambar-Rujak-Corek
eMadura.com – Rujak merupakan salah satu makanan pedas yang banyak terdapat di Indonesia. Begitu juga di Madura, makanan pedas ini sangat digandrungi oleh hampir semua orang. Akan tetapi, diantara banyak macam dan sajian rujak di Madura, terdapat rujak yang disajikan dengan cukup unik. Adalah Rujak Corek, Rujak yang biasa ditemui di daerah Pamekasan dan Sumenep ini termasuk dalam makanan yang cukup unik.

Tidak seperti rujak biasa, Rujak Corek bumbunya terdapat di dalam mentimun. Alhasil, setiap kali menggigit mentimun tersebut terdapat bumbu yang keluar atau meleleh. Inilah yang menjadikan rujak corek memiliki sensasi tersendiri bagi yang menikmatinya.

Sejatinya membuat Rujak Corek itu tidak jauh beda dengan membuat rujak pada umumnya. Bahkan rujak corek bisa disebutkan lebih sederhana dibandingkan dengan rujak biasa. Cukup dengan menyiapkan satu mentimun saja serta bumbu rujak seperti biasa, maka rujak corek pun bisa dinikmati.

Untuk lebih lengkapnya, cara membuat rujak corek adalah sebagai berikut :

Siapkan satu mentimun serta bahan membuat bumbu rujak seperti biasa.
Kupas dan lubangilah timun pada potonglah timun pada bagian ujung kemudian di lubangi dengan menggunakan pisau atau pegangan sendok.

Di samping itu, buatlah bumbu rujak seperti biasa. Boleh menggunakan kacang atau tanpa kacang. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Madura memiliki ciri khas bumbu yang belum tentu sama. Ada yang menggunakan kacang, ada juga yang tidak. Ada yang menggunakan petis ikan ada juga yang mencampurkan buah asam pada bumbunya.

Gambar-Rujak-Corek

Kendati secara keseluruhan pembuatan bumbunya hampir sama, namun pada bagian akhir diusahakan bumbu tidak diberi air seperti biasa. Karena hasil kerukan dari bagian tengah timun akan di masukan ke bumbu dan diulek atau diaduk. Sehingga aroma mentimun begitu kental dari bumbu rujak yang satu ini. Setelah itu, masukkan bumbu rujak ke dalam mentimun yang sudah dilubangi. Rujak corek pun siap disajikan.

Sepintas rujak corek ini sangat sederhana. Kendati begitu sangat jarang sekali yang biasa membuat rujak seperti ini. Bahkan sampai saat ini, penjual dari rujak ini juga mulai berkurang. Baik di Sumenep maupun Pamekasan penjual rujak corek hanya bisa dihitung dengan jari.

Baca Juga : Resep Rujak Petis