Resep Membuat Kolak dari Bahan Umbi-Umbian

Advertisement

Ads

Resep Membuat Kolak dari Bahan Umbi-Umbian

Jumat, 27 Maret 2015


Umbi-umbian merupakan salah satu tanaman ketahanan pangan di Indonesia. Banyak sekali jenis umbi-umbian yang ada. Mulai dari Ketela Pohon, Talas, dan segala jenis ketela rambat.

Tahukah Anda, bahwa dari sekian jenis umbi-umbian, banyak juga diantaranya yang bisa dijadikan bahan untuk membuat kolak. Umbi-umbian yang bisa dijadikan kolak antara lain Ketela Pohon atau singkong, Ketela rambat yang biasa disebut Longghe dalam Bahasa Madura, dan ketela rambat yang biasa disebut Obih.

Cara membuatnya ialah sebagai berikut:

1. Bahannya antara lain, ketela secukupnya. Jumlah yang sekiranya cukup untuk seluruh keluarga Anda. Gula Pasir atau Gula Merah, garam dan Santan dari 1 buah Kelapa.

2. Ketela atau umbi-umbian yang sudah Anda sediakan dikupas kulitnya kemudian dipotong kecil-kecil kemudian basuh dengan air bersih.

3. Rebus ketela hingga lunak. Kalau sudah lunak, jika airnya terlalu banyak, sebaiknya dibuang terlebih dahulu sebelum santan dimasukkan. Jika hanya tersisa sedikit, santan bisa langsung dimasukkan.

4. Masukkan pula ½ sendok teh garam sebagai penambah rasa sedap. Masukkan gula. Masak hingga santan mendidih. Jangan lupa diaduk agar tidak pecah.

5. Kolak umbi-umbian siap dinikmati. Akan lebih nikmat jika dinikmati saat masih hangat.



 Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC