Resep Membuat Keripik Singkong

Advertisement

Ads

Resep Membuat Keripik Singkong

Unzilatur Rahmah
Jumat, 27 Maret 2015



Keripik keripik keripik. Siapa yang tidak suka dengan camilan jenis ini. Meski tidak semua orang, kebanyakan orang menyukainya. Harganya cukup terjangkau, bahannya alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Namun, yang lebih umum dikonsumsi oleh masyarakat yaitu keripik tette. Perbedaan keripik singkong biasa seperti gambar diatas dengan keripik tette yaitu kalau keripik singkong biasa diiris panjang atau bentuk bundar lalu dibumbui dan digoreng. Sedangkan keripik tette dikukus dan dipipihkan lalu dijemur.

Dan yang pasti, bisa dibuat sendiri di rumah. Banyak jenis keripik yang bertebaran di pasaran. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri satu jenis saja. Kali ini kami ingin berbagi resep membuat Keripik Singkong, yang rasanya bisa disesuaikan dengan selera Anda setelah matang.

Bahan yang dibutuhkan hanya Singkong, garam dan air kapur. Cara membuatnya ialah sebagai berikut


  1. Kupas kulit Singkong kemudian basuh hingga bersih.
  2. Jika sudah bersih, Singkong diiris tipis. Bisa menggunakan pisau tapi lama. Bisa menggunakan alat khusus yang membuat proses mengiris lebih cepat. Bentuknya disesuaikan dengan selera. Bisa diiris memanjang, bundar, atau oval yang agak memanjang.
  3. Setelah diiris, rendam dalam air yang sudah diberi air kapur dan sedikit garam sebagai perasa. Rendam selama 4-8 jam.
  4. Jika sudah direndam, tiriskan lalu kukus selama 10-15 menit.
  5. Jemur hingga betul-betul kering, agar tidak mudah berjamur bila disimpan dalam waktu yang agak lama.
  6. Jika sudah kering, bisa langsung digoreng dengan api sedang.
  7. Ketika sudah matang, bisa langsung dinikmati atau ditambah dengan rasa baru. Misalnya rasa balado, atau ditambah dengan aroma jeruk purut, dan sebagainya. Intinya, jika Anda membuatnya sendiri, rasa bisa disesuaikan dengan selera Anda.


Baca Juga : Keripik Tette


 Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com